Akreditasi Internasional Dorong Peningkatan Peserta PBT UII

Akreditasi internasional yang telah dicapai UII turut memberikan pengaruh pada jumlah pendaftar Paper Based Test (PBT) yang diadakan di UII. PBT merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di UII. Sebagaimana tergambar dalam penyelenggaraan PBT gelombang IV yang berlangsung pada Minggu (16/7). Pendaftar pada pola PBT ini tercatat mengalami peningkatan sejak mulai dibukanya pendaftaran pada tanggal 3 Juli 2017. Tercatat ada 1.269 orang mendaftar melalui jalur ini.

Disampaikan oleh Arief Rahman, SE, SIP., M.Com., Ph.D selaku Ketua PMB UII bahwa jumlah pendaftar pada PBT UII gelombang IV ini mencapai 1.269 orang. Jumlah ini naik 44% persen lebih dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Arief Rahman menambahkan bahwa meningkatnya jumlah pendaftar ini didorong oleh minat masyarakat yang cukup besar terhadap UII. Selain fasilitas pendidikan, kualitas pendidikan termasuk akreditasi internasional menjadi keunggulan dan nilai plus yang menarik minat para pendaftar.

“Kebanyakan pendaftar mengarah pada akreditasi internasional yang telah diraih UII. Akreditasi Internasional adalah bukti bahwa proses pendidikan UII memang unggul”. Ungkap Arief.

Arief Rahman menyarankan kepada para pendaftar agar baiknya membuat pilihan rencana dalam memilih jurusan. Hal ini karena memang beberapa program studi di UII menjadi program studi favorit dengan persaingan yang ketat. Sejauh ini, berdasarkan data yang masuk, Fakultas Hukum menjadi fakultas dengan peminat terbanyak dalam PBT gelombang ini.

Di sisi lain, Nandang Sutrisno, SH, MHum, LLM, Ph.D selaku Rektor UII juga menyampaikan bahwa peningkatan yang terjadi ini teletak pada kualitas pendidikan yang diberikan UII kepada para mahasiswa. UII sebagai lembaga pendidikan yang kompeten, selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikan agar mahasiswa mampu bersaing hingga ke level internasional.

“Kendati ujian PBT gelombang IV ini merupakan ujian tulis gelombang terakhir, namun  UII masih membuka jalur Computer Based Test (CBT) dan Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) hingga pada tanggal 5 Agustus 2017”, tambahnya. Sehingga para peminat yang belum sempat mendaftar bisa terus mencoba tes melalui jalur CBT maupun PSB.