Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) mengadakan silaturahmi dan syawalan dengan pemilik kos, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di sekitar kampus UII. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeratkan tali persaudaraan dan kerjasama antara UII dengan masyarakat sekitar.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Moh. Hatta Kampus Terpadu UII pada Jum’at (14/07) dihadiri oleh Ir. Agus Taufiq, M.Sc selaku Wakil Rektor III UII, Dr. Drs. Muntoha, S.H., M.Ag selaku Direktur DPPAI UII, Dr. Drs. Abdul Jamil, S.H., M.H, dan beberapa civitas akademika UII serta warga sekitar kampus UII. Pada kegiatan kali ini diisi dengan tausiyah oleh Agus Taufiq dan Abdul Jamil.

Muntoha dalam sambutannya menuturkan tentang silaturahmi merupakan kebiasaan baik yang senantiasa dilestarikan. Diharapkan pemilik kos dapat turut serta membantu membina putra – putri yang merupakan mahasiswa UII, setidaknya dalam aspek moral.

Diawal tausyiahnya yang bertemakan “Membina dengan Hati”, Agus Taufiq menyampaikan satu penegasan, hendaknya kita membimbing juga mendidik dengan hati, tidak perlu dengan kasar dan bicara dengan suara keras. Selama ini terjalin simbiosis mutualisme antara UII dengan pemilik kos dan warga sekitar, dimana UII memiliki mahasiswa dan pemilik kos yang memberdayakan tempat tinggalnya sebagai kos – kosan untuk mahasiswa tersebut selama beberapa tahun.

Sementara Abdul Jamil dalam tausiyahnya dengan tema “Menjaga Silaturahmi” memaparkan bahwa umat manusia tidak mungkin bisa hidup sendirian, itulah sebab di dalam Islam silaturahmi itu bagian yang penting di dalam kehidupan. “Dengan silaturahmi itulah kata Rasullallah Saw., pertama akan memperpanjang usia kita, yang kedua menambah rezeki”, ujarnya.

“Marilah sinergi ini terus kita tingkatkan bersama”, pungkas Abdul Jamil. (MDP)