Pengabdian merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengabdikan dirinya demi kepentingan sosial. Serta wadah untuk mempraktikkan ilmu yang selama ini telah dipelajari. Melalui wadah The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) angkatan 6, Indonesia khususnya Yogyakarta kedatangan 10 mahasiswa asing untuk melakukan kegiatan pengabdian mengajar.

Pada (6/8), UII melakukan kegiatan penyambutan terhadap ke-10 mahasiswa tersebut dengan dihadiri oleh Rektor UII Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., dan Wakil Rektor IV, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch,Ph.D. Dalam sambutan pertama yang disampaikan oleh Wiryono Raharjo, ia sedikit memperkenalkan kampus UII yang memiliki empat lokasi dan salah satunya adalah kampus terpadu UII yang berlokasi di dekat Gunung Merapi.

Kesepuluh mahasiswa yang mana 3 diantaranya berasal dari Filiphina dan sisanya dari Thailand. Mereka merupakan mahasiswa dari universitas yang berbeda, Stela Maris dan Nerry Ann berasal dari St. Paul University Surigao (Philipina); Balkis Saai, Chatyada Pichaisueb, Runglawan Aphithanang, Sirinaphar Yothar, dan Sasikan Chaikhaow merupakan mahasiswa Chiang Mai Rajabhat University (Thailand); Pornporn Suwanchai dan Suaidah Putthapong dari universitas Nakhon Si Thammarat Rajabhat University (Thailand) dan Ma Chareyza, mahasiswa Pangasinan State University (Philipina).

Kegiatan yang akan dilakukan selama 1 bulan ini terhitung dari 4 Agustus – 4 September 2018, mereka akan ditugaskan mengajar beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Biologi, dan Matematika di beberapa sekolah yang berada di Yogyakarta. Jenjang pendidikan yang akan menjadi wadah bagi mereka untuk mengajar mulai dari TK, SD, dan SMA.

Di akhir forum, Herman Felani, MA selaku moderator mempersilakan perwakilan mahasiswa untuk berkenalan. Nerry Ann perwakilan Filiphina serta Chatyada Pichaisueb perwakilan Thailand memperkenalkan diri dan teman-temannya yang berasal dari negara yang sama. Nerry Ann menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyambutan yang diberikan serta kesempatan mengunjungi UII dan bisa mengajar Bahasa Inggris di sekolah-sekolah yang akan didatanginya nanti. (NR/ESP).