Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Direktorat Layanan Akademik (DLA) menggelar Workshop Feeder Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) v.3 dan Penomoran Ijazah Nasional, di Gedung Prof. Dr. Sardjito, Kampus Terpadu UII, Selasa (20/8).

Workshop yang dihadiri Dekan, Ketua Jurusan, dan Kepala DLA dari masing-masing Fakultas di lingkungan UII tersebut mengundang pemateri Virdiana Sriviana Fatmawaty, S.Kom. dari LLDIKTI Wilayah V dan Franova Herdiyanto, S.Kom. dari Kementerian Ristekdikti. Selain itu, materi juga dipaparkan oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri UII, Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.T.

Rektor UII, Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa dengan workshop yang diselenggarakan ini diharapkan UII bisa mensinkronkan data yang ada dengan data nasional. Jika semua data yang ada adalah valid, maka banyak hal yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

“Kita berharap dengan sistem yang ada saat ini bisa mengakomodasi inovasi-inovasi yang terjadi di lapangan. Sehingga nantinya, kita harapkan bisa merumuskan kebijakan-kebijakan baru,” ujar Fathul Wahid.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc. menuturkan bahwa Penomoran Ijazah Nasional di UII sudah akan dijalankan pada bulan September 2020.

“Semoga dengan workshop ini semuanya dapat lebih memahami cara kerja yang sudah dibangun oleh PDDikti, khusunya yang berhubungan dengan PDDikti dan Penomoran Ijazah Nasional,” paparnya.

Sementara Direktur DLA UII, Dr. Drs. Hujair A.H. Sanaky, M.Si. menyatakan bahwa masing-masing Program Studi yang ada di UII dan juga Direktorat Layanan Akademik harus konsen menata dan memperbaiki data-data yang ada, sehingga nantinya kita dapat segera melakukan Penomoran Ijazah Nasional dan tepat waktu dalam pelaporan PDDikti.

Hujair menambahkan, dalam workshop ini semua komponen yang ada di UII dilibatkan, mencakup Dekan, Ketua Program Studi baik Program Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma, serta semuanya yang berkaitan dengan pelaksanaan feeder PDDikti. “Target tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah ketepatan dalam pembuatan laporan untuk PDDikti,” pungkasnya. (LAR/RS)