UII yang diwakili oleh UMKM El-Markazi mendapatkan 4 prestasi di Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVI 2019. Prestasi tersebut yakni Juara 2 Musabaqah Tartil Quran Putri oleh Ega (Teknik Lingkungan 2017), Juara Harapan 1 Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) 10 Juz Putra diraih oleh Abi Quhafah (Hubungan Internasional 2018), Juara Harapan 3 Musabaqah Hifzhil Quran 30 Juz Putri diraih oleh Niky Saffanatul Maula (Pendidikan Dokter 2018), dan Juara 3 Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) 20 Juz Putra oleh Umar Fauzi Ilmu (Komunikasi 2018).

MTQMN XVI 2019 diadakan oleh Belmawa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berlangsung pada 28 Juli – 4 Agustus 2019 di Universitas Syiah Kuala, Aceh. Tema yang diangkat adalah ”MTQMN sebagai penguat ukhuwah islamiyah dalam membentuk generasi muda Qurani menuju Indonesia Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur”. Kegiatan ini diikuti oleh 179 Perguruan Tinggi dari 34 Provinsi di Indonesia dengan peserta lebih dari 2.000 orang dengan 13 cabang lomba di dalamnya.

Dituturkan oleh Ega, banyak keseruan yang dihadapi tim UII ketika mengikuti MTQMN ini. Salah satunya bagaimana cara mengatur waktu saat latihan. “Rintangannya itu seputar bagaimana cara mengatur waktu antara latihan dan perkuliahan serta organisasi lainnya. Kalau tantangan saat lomba sendiri, tantangannya adalah jumlah pesertanya yang sudah membuat khawatir duluan karena banyak sekali.” ucapnya.

Ega juga mengungkapkan bahwa ia memang memiliki hobi dalam mengikuti lomba selain memang dalam hal mensyiarkan Qur’an. Ia juga bisa mendapatkan pengalaman baru yang membuatnya senang serta membuat dirinya tidak merasa tertekan saat mengikuti lomba. Mahasiswa asal Kalimantan Barat ini juga membeberkan tips dan trik agar tampil dalam mengikuti perlombaan. “Pokoknya jangan panik. Karena sumber masalah sendiri itu datang ketika kita panik. Hadapi dengan tenang tapi harus gerak cepat dan tanggap dalam menyelesaikan masalah tersebut.” pungkasnya. (DRD/ESP)