UII Sepakati Kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik

Potensi praktik kecurangan dan korupsi semakin tinggi seiring dengan bertambahnya jumlah dan ragam transaksi keuangan. Sebagai bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan praktik kecurangan dan korupsi, diperlukan peran auditor yang memiliki keahlian forensik. Universitas Islam Indonesia (UII) menilai bahwa permasalahan ini perlu penanganan serius, tak hanya oleh pemerintah, namun juga melibatkan peran berbagai lembaga termasuk pendidikan tinggi dan masyarakat luas. Pusat Studi Akuntansi Forensik (PSAF) yang berada di bawah pengelolaan Program Studi Akuntansi merupakan salah satu pusat studi di UII yang terus aktif dalam melakukan berbagai kajian dan riset di bidang akuntansi forensik. Untuk meningkatkan sinergi peran akademisi dan profesi, khususnya di bidang audit forensik, UII merasa penting untuk menjalin kerja sama untuk mendukung peningkatan kompetensi dan sertifikasi auditor forensik.

Merespon hal tersebut, UII mengadakan jalinan kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik (LSP AF). Acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama antara LSP AF dan UII diselenggarakan pada Rabu (09/08) bertempat di Ruang Sidang 1/1 Gedung Prof. Ace Partadiredja, Kampus Fakultas Ekonomi FE UII yang dihadiri langsung oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LL.M., M.Hum., Ph.D. didampingi oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Drs. Dwipraptono Agus Hardjito, M.Si. dan Ketua Program Studi Akuntansi, Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com(IS)., Ph.D. Sedangkan dari pihak mitra dihadiri oleh Ketua LSP AF, Drs. Ubaedi, Ak., CA., CFrA, dan didampingi oleh dua orang delegasi yaitu Mulia Ardi, SE., Ak., MM., selaku Kepala Bidang Sertifikasi dan Dr. (cn) Drs. H. Ishak Nawawi SH, MH, MM, QIA. selaku Kepala Bidang Humas dan Hubungan Antar Lembaga.

Rektor UII dalam sambutannya kembali menegaskan bahwa UII berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan melalui akreditasi institusi dan program studi yang telah di raih selama ini, dan bahkan beberapa program studi sudah meraih akreditasi internasional. Jalinan kerja sama strategis dengan berbagai lembaga profesi juga menjadi kunci penting untuk mendorong peningkatan kontribusi nyata pendidikan tinggi dalam mengatasi berbagai permasalahan di tanah air. Oleh sebab itu, kerja sama dengan LSP AF disambut dengan antusias dan diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan bersama.

Sementara Ketua LSP AF, Ubaedi, menyampaikan apresiasinya kepada UII atas kerjasama yang terjalin dan diharapkan bahwa kerjasama ini dapat memperluas kesempatan untuk menekuni bidang audit forensik dan menghasilkan auditor muda yang semakin banyak. LSP AF sudah bekerjasama dengan berbagai institusi termasuk lembaga diklat dan perguruan tinggi untuk melatih para mahasiswa yang ingin mempelajari dan meraih sertifikasi sebagai auditor forensik.
Ketua Program Studi Akuntansi, Dekar Urumsah, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari target program yang memang ingin diwujudkan oleh Prodi Akuntansi. “Kita ingin menunjukkan komitmen kita dalam bidang pembelajaran akuntansi dan audit forensik sebagai salah satu keunggulan program studi, dan tentunya sebagai bagian dari kontribusi UII dalam mendukung pelatihan dan sertifikasi profesi auditor forensik di Indonesia”, ungkap Dekar.