Sinergi di antara perguruan tinggi untuk berkolaborasi dalam bidang penelitian dinilai semakin penting. Hal ini guna mencapai akselerasi pencapaian riset yang dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Sebagaimana tergambar dalam kunjungan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta ke kampus terpadu yang berlangsung pada Senin (13/2).

Kunjungan disambut oleh Wakil Rektor I UII, Dr.-Ing. Ilya Maharika, MA bersama Direktur DPPM UII, Yulianto Purwono Prihatmaji, MT, Ph.D. Sementara delegasi UIN Syarif Hidayatullah dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Prof. Dr. Murodi, M.Ag. Kedua pihak banyak mendiskusikan peluang kolaborasi di bidang penelitian khususnya pada aspek riset unggulan yang dimiliki masing-masing institusi.

Rombongan UIN Syarif Hidayatullah yang telah tiba di kampus terpadu UII sejak pagi segera berkunjung ke kantor DPPM UII. Mereka kemudian terlibat diskusi dengan pimpinan dan staf DPPM UII tentang peluang kolaborasi penelitian beserta luarannya, seperti publikasi jurnal dan paten. Pada siang harinya, mereka bertemu dan melanjutkan diskusi yang lebih intens dengan tema serupa bersama Wakil Rektor I UII.

Disampaikan Dr.-Ing. Ilya Maharika, kolaborasi di bidang penelitian di antara UIN Syarif Hidayatullah dan UII sangat mungkin dilakukan. Terlebih apabila mengacu pada keselarasan bidang penelitian yang dimiliki oleh masing-masing institusi. Sumberdaya manusia maupun infrastruktur di UII memiliki kesiapan dan keterbukaan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak pada bidang penelitian.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan pentingnya luaran hasil penelitian. Salah satu di antaranya yakni jurnal, paten, dan buku ajar bagi mahasiswa. UII memiliki sistem pengelolaan jurnal yang terintegrasi. Ia mempersilakan pihak UIN Syarif Hidayatullah apabila ingin lebih jauh melihat peluang integrasi pengelolaan jurnal.

“Kami berusaha meningkatkan efisiensi percetakan yang dimiliki UII yakni UII Press agar dapat mencetak buku-buku yang ditulis oleh para dosen UII. Harapannya karya-karya mereka akan dapat membanjiri pasaran buku ajar dan buku akademis yang dapat dinikmati oleh para mahasiswa Yogya”, imbuhnya.