Proses pendidikan di perguruan tinggi pada dasarnya tidak dapat diserahkan sepenuhnya kepada pihak kampus, karena kondisi mahasiswa yang tengah berada di perantauan menjadi salah satu kendala tersendiri. Orang tua perlu menjalin komunikasi dan sinergi dengan pihak fakultas sebagai pihak yang mendapat amanah untuk membimbing mahasiswa.

Kerjasama dan sinergi dari kedua pihak ini harus berjalan saling beriringan agar pengawasan terhadap mahasiswa juga berjalan lebih efektif. Sejalan dengan hal itu, maka dibentuknya forum silaturahmi orang tua mahasiswa adalah upaya yang tepat untuk menjembatani komunikasi antara orang tua mahasiswa dan fakultas. Komunikasi yang baik akan bermuara pada dukungan optimal untuk menyukseskan studi mahasiswa.

Menyadari pentingnya peran tersebut, hari ini (05/11) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia mengundang segenap orang tua/wali mahasiswa angkatan 2016 untuk hadir di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir UII dalam Forum Silaturahmi Orang Tua Mahasiswa (FOSMA) Angkatan 2016.

Hadir memberikan sambutan dalam acara tersebut Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., dengan menyampaikan bahwa forum ini sangat penting dalam rangka menjalin komunikasi antara orang tua mahasiswa dengan pihak fakultas dan universitas. Selain itu pihaknya juga menambahkan “Untuk mendukung proses pendidikan di FK UII, pada Mei 2016 lalu telah dimulai pendirian Rumah Sakit yang juga difungsikan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Klinik di Kelurahan Wijirejo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul”.

Dekan FK UII dr. Linda Rosita, M.Kes., Sp.PK., juga sempat menjelaskan kepada orang tua mahasiswa yang hadir bahwa dokter lulusan UII itu berbeda dengan dokter lulusan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

“Kami mempunyai misi untuk membentuk dokter dengan karakter keislaman yang kuat dan mampu mengejawantahkan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu perwakilan orang tua mahasiswa, Dr. Hamengkubuwono, M.Pd., menyambut baik adanya forum silaturrahmi ini, harapannya misi mulia tersebut dapat diwujudkan dengan dititipkannya mahasiswa kepada UII untuk belajar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *