Mahasiswa FK UII Raih Penghargaan Kompetisi Tingkat Nasional

Mahasiswa UII tidak henti-hentinya meraih prestasi dalam berbagai ajang kompetisi, kali ini diwakili oleh Tim Fakultas Kedokteran UII. Dua cabang penghargaan berhasil di raih yakni (individu) Juara 1 Essay Ilmiah oleh Rafik Prabowo (Fakultas Kedokteran UII 2015) dan (kelompok) Poster Terbaik Literature Review oleh Rafik Prabowo, M. Ivan Rimbadi (keduanya Fakultas Kedokteran UII 2015) dan Intan Susmita Rafsanjani (Fakultas Kedokteran UII 2016). Penghargaan ini diraih dalam acara Diponegoro Medical Health Scientic Competition (DMHSC) 2017, yang diadakan pada tanggal (8-10/9) di Universitas Diponegoro, Semarang.

Dalam cabang individu, Rafik Prabowo membawa tema tentang bahaya penyakit menular dengan judul Potensi Air Kelapa Muda dalam menghambat Nuclear Factor Kappa B pada pasien DBD. Sementara itu dalam ajang poster literature review, Tim FK UII mengangkat judul Denv Drink: Minuman sebagai Terapi Adjuvan bagi pasien DBD. Tim dari Fakultas Kedokteran UII ini mengambil subtema pemanfaatan herbal sebagai pencegahan penyakit menular khususnya Demam Berdarah (DBD).

Tim FK UII kali ini harus mengeluarkan usaha lebih untuk dapat mengikuti kompetisi ini. Masing-masing cabang yang diikutsertakan harus melalui beberapa tahapan seperti seleksi berkas, paper dan hasil karya ilmiah. Setelah melewati beberapa tahapan seleksi, diambil sepuluh besar terbaik yang nantinya akan menjadi semifinalis dan akan mempresentasikan karya ilmiahnya. Acara yang diadakan secara tahunan ini juga diikuti oleh ratusan mahasiswa yang datang dari seluruh Fakultas Kedokteran se-Indonesia.

“Harapan kedepannya kami akan mengembangkan karya kami ini ke jenjang yang lebih spesifik, literatur review ini rencana akan kami lanjutkan ke tahap penelitian. Literatur Review ini akan menjadi bahan dasar untuk pengembangan produk yang akan kami buat. Untuk jangka waktu ini, kami berharap penelitian yang kami lakukan akan terbit di jurnal melalui ajang kompetisi”, tutur Rafik Prabowo sebagai salah satu Tim FK UII.

“Kedepannya kami berharap juga dapat mengajak teman-teman yang lain ataupun adik adik kelas agar dapat juga berkompetisi dan mengikuti lomba karya ilmiah”, tutupnya. (BKP)