Dunia sudah banyak mengalami perubahan pada era digital yang disebut dengan revolusi industri 4.0. Bisnis apapun di era digital ini sudah banyak berubah. Oleh karena itu, ke depannya orang-orang yang berfikir kreatiflah yang akan menang.

Seperti disampaikan Ir. Hawari Nasution Tandjaya, MM ketika menyampaikan materi “Tantangan dan Peluang Bisnis di Era Digital” pada Orientasi Studi dan Kuliah Perdana Program Magister dan Doktor FE UII. Acara tersebut diselenggarakan di Kampus FE UII pada Sabtu (19/1). Kuliah perdana ini merupakan awal dari kegiatan akademik program doktor dan magister semester genap 2018/2019 di FE UII.

Hawari Nasution mengajak seluruh mahasiswa/mahasiswi baru program Pascasarjana untuk berfikir kreatif. “Jangan sampai kemajuan teknologi yang ada pada era sekarang ini mematikan pola pikir seperti banyaknya plagiarisme akibat semakin mudahnya dalam mendapatkan suatu artikel atau informasi”, pesannya.

Mahasiswa pascasarjana yang diterima pada semester ini berjumlah 98 mahasiswa dari program studi Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Ekonomi dan Keuangan, dan Doktor Imu Ekonomi.

Sementara, Ketua penyelenggara Dr. D. Agus Harjito, M.Si mengatakan bahwa mahasiswa baru yang diterima pada program pascasarjana ini sudah melalui berbagai tahap seleksi mulai dari tes potensi akademik dan evaluasi. Program pascasarjana FE UII memiliki program yang bertujuan untuk meningkatkan softskill mahasiswa.

“Untuk mengawali kuliah ini terdapat program Behavior, Modelling for Learning untuk meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa” pungkasnya.

Sedangkan Dekan FE UII Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D menuturkan program Pascasarjana FE UII sudah melakukan berbagai macam kerjasama untuk meningkatkan kualitas akademik mahasiswanya. “Kerjasama-kerjasama yang dilakukan di pascasarjana FE UII yaitu kesempatan dual degree di program Magister Akuntansi”, ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa program Pascasarjana FE UII yang didampingi oleh ketua penyelenggara. Para peserta begitu antusias dalam mengikuti kuliah umum ini yang ditandai banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kuliah umum. (AR/ESP)