Mahasiswi Program Studi (Prodi) Ahwal Syakhsiyyah Fakultas Ilmu Agama Islam UII, Siti Fatimah mendapatkan juara tiga Tafsir Bahasa Indonesia kategori putri dalam kompetisi Musabaqoh Tilawatil Quran Provinsi Lampung Tingkat Provinsi Lampung yang ke-47, di Kabupaten Tulang Bawang Barat, pada 27 April – 2 Mei 2019.

Kompetisi yang rutin digelar tiap tahunnya ini diikuti sekitar 30 peserta dari 15 kabupaten berbeda di Lampung. Atas prestasinya, Siti Fatimah mendapatkan reward berupa throphy dan uang tunai dari Provinsi Lampung serta bonus dari Kabupaten Perwakilan.

“Alhamdulillah, dengan adanya lomba ini hafalan quran jadi semakin meningkat. Kemudian juga lebih semangat dan lebih rajin lagi untuk murojaah al-Qurannya.” Ucapnya.

Mahasiswa angkatan 2015 ini menceritakan perjuangannya dalam mengikuti lomba. “Perjuangan yang paling terasa itu saat belajar tafsir. Karena saya sempat meninggalkan skripsi agar lebih fokus dan maksimal dalam mempersiapkan lomba ini. Alhasil setelah perjuangan buat belajar tafsir, alhamdulillahnya sesuai sama usaha, dan Allah memberikan pengganti dari hasil usaha saya selama ini,” ujarnya.

Ini bukan pertama kalinya Fatimah mengikuti kompetisi Qurani. Anggota dari el-Markazi ini sudah sering menjuarai lomba MTQ seperti mendapatkan juara tiga pada cabang lomba Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) pada April tahun lalu yang diadakan oleh STIKES Surya Global.
“Rintangannya juga banyak, seperti rasa minder. Karena peserta dari berbagai daerah, serta sudah berpengalaman. Belum lagi hafalan saya yang masih belum lancar pada saat itu,” ujarnya

Saat ditanyai mengenai tips, Fatimah memberikan tips andalannya saat mengikuti lomba. “Jadi selalu diniatkan kalo lomba itu lilla ta’ala, serta buat nambah pengalaman dan juga agar dapat membumikan al-Quran,” paparnya.

Dengan lomba ini Ia berharap dapat memotivasi diri sendiri agar lebih semangat lagi dalam murojaah, lebih mendalami al-Quran, serta lebih giat dalam mempelajari isi dan tafsirnya. (DR/RS)