Banyak orang berfikir untuk menjadi seorang yang menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain harus menghasilkan ide yang besar. Padahal inspirasi dan hal yang bermanfaat bisa muncul dari hal-hal yang kecil dan dilakukan dengan konsisten. Safari Iman Ramadan UII (SAFIR UII) menggelar talkshow inspritatif bertajuk ‘Jejak Inspiratif Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia’ bersama dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed. pada Jumat (10/5), di Auditorium Abdulkahar Mudzakkir, Kampus UII Terpadu.

Gamal Albinsaid merupakan dokter, wirausahawan sosial, CEO Indonesia Medika dan salah satu dari 50 tokoh inovator sosial yang berpengaruh di dunia. Jalannya talkshow inspiratif yang dipandu oleh Yaltafit Abror Jeem ini dihadiri ratusan mahasiswa UII.

Disampaikan Gamal Albinsaid, Islam memainkan peran besar dalam membawa peradaban manusia yang lebih baik. Pada jaman pertengahan, Islam berperan menjembatani peradaban besar sebelumnya, yang akhirnya memberikan kontribusi besar dalam pengetahuan Islam.

Gamal Albinsaid mencontohkan beberapa ilmuan Islam yang mempunyai kontribusi besar dalam memajukan peradaban manusia, seperti Ibnu Sina, Al Khwarizmi, Ibnu Khaldun. Menurutnya kemajuan umat Islam didukung oleh semangat pengembangan iptek, sikap tenggangrasa, pasar yang bersifat internasional terhadap ilmu pengetahuan, penghargaan yang tinggi terhadap setiap temuan, serta sarana dan tujuan iptek yang berkaitan dengan nilai-nilai agama.

Gamal Albinsaid menambahkan konteks peradaban harus mampu membawa kebaikan untuk kehidupan. “Konteks peradaban itu harus mampu melahirkan gagasan-gagasan dan ide-ide yang mampu membawa kebaikan dalam kehidupan. Termasuk memberikan toleransi, international character of the market terhadap ilmu pengetahuan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dalam talkshow ini, Gamal Albinsaid juga memaparkan berbagai macam inovasi yang muncul dari kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Ia mengaku termotivasi untuk memunculkan berbagai macam inovasi yang dapat memberikan manfaat untuk orang sekitarnya.

Dalam perjalanannya, Gamal Albinsaid telah mendapatkan penghargaan dari sejumlah tokoh dunia seperti Pangeran Charles dari Inggris, Presiden Rusia Vladmir Putin. Penghargaan juga diterima dari Thailand dan Jepang. Inovasi yang berhasil dimunculkan antara lain Klinik Asuransi Sampah untuk masyarakat kurang mampu, Indonesia Medika, SiapaPeduli.id, Homedika dan Medtalk. (AR/RS)