Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional D.I. Yogyakarta (BAZNAS DIY) mengadakan workshop keuangan bagi para pengelola zakat. Workshop yang berlangsung di Hotel Grand Dafam Rohan pada Selasa (30/4) diikuti oleh para pengurus BAZNAS se-DIY, Baznas Kabupaten-Kota di Jawa Tengah, Kabupaten Siak (Riau), Kabupaten Ngawi, Kota Tangerang, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara dan lain-lain.

Pembicara workshop yang dihadirkan merupakan para dosen dari Prodi Akuntansi FE UII, antara lain Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak., CMA., CA. tentang penyusunan SOP pelaksanaan akuntansi zakat, infak dan sedekah (ZIS), Drs. Arief Bachtiar, MSA., Ak., CA., SAS memaparkan materi tentang akuntansi pengelolaan ZIS, Rifqi Muhammad, SE., SH., M.Sc., Ph.D., SAS., ASPM tentang audit keuangan ZIS, dan Ahada Nurfauziya, SE., M.Ak., Ak., CA tentang audit kinerja ZIS.

Workshop yang dimoderatori oleh dosen muda Prodi Akuntansi UII, Rizki Hamdani, SE., M.Ak., Ak., CA bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan akuntansi dan manajemen keuangan BAZNAS. Sesuai visi terwujudnya BAZNAS yang profesional, efektif dan efisien serta terpercaya. Workshop ini juga merupakan tindak lanjut dari MoU kerjasama antara Prodi Akuntansi UII dan BAZNAS DIY pada tahun 2017 yang lalu.

Jalannya workshop keuangan pengelola zakat dibuka oleh Ketua BAZNAS DIY, Dr. Bambang Sutiyoso, SH., M.Hum. Dalam sambutannya disampaikan bahwa “BAZNAS DIY telah menjalin kerjasama yang sangat baik dengan Program Studi Akuntansi UII, dan ini merupakan tindak lanjut MoU yang telah dilakukan sebelumnya agar tidak hanya sekadar tandatangan saja dan tidak ada tindak lanjutnya. Ia bercita-cita, kedepannya kantor-kantor BAZNAS bias seperti kantor Pajak, yang orang rela antri berjam-jam untuk membayar.

Dr. Mahmudi dalam materinya menuturkan bahwa pelaksanaan workshop pengelolaan keuangan BAZNAS merupakan wujud dari pelaksanaan pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah. Mahmudi juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS DIY, karena Prodi Akuntansi UII telah dipercaya untuk memberi pelatihan kepada para pengurus BAZNAS. “ Semoga dapat memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat sesuai dengan visi UII yaitu rahmatan lil‘alamin,” tuturnya.

Sementara Wakil ketua bidang perencanaan, keuangan, dan pelaporan BAZNAS DIY, Nursya’bani Purnama, SE., M.Si., selaku ketua panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prodi Akuntansi UII. “BAZNAS DIY mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prodi Akuntansi UII karena dengan sukarela bersedia memberikan workshop secara gratis,” tuturnya. (RH/RS)