Euforia menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 H nampak terasa di kampus Universitas Islam Indonesia (UII). Menyambut bulan agung ini, Takmir Masjid Ulil Albab mengadakan kegiatan Grand Opening Safari Iman Ramadhan 1440 H dan Tabligh Akbar, pada Kamis malam (2/5), di Auditorium Prof. K.H. Abdulkahar Muzakir, Kampus UII Terpadu.

Kegiatan tersebut dihadiri masyarakat sekitar kampus serta segenap civitas academica UII. Mengawali jalannya acara, diisi dengan penampilan Nasyid Sincostan. Sementara Tabligh Akbar menghadirkan Ustadz Ridwan Hamidi, Lc, MA., MPI. yang merupakan ketua dari MIUMI DIY dan Ustadz Awan Abdullah, Sp. J. Tabligh akbar yang bertemakan persatuan merupakan bentuk dari respon UII terhadap isu aktual yang sedang hangat di masyarakat pasca pemilu.

Ustadz Ridwan Hamidi, Lc, MA., MPI. dalam tausiyahnya menuturkan bahwa kajian-kajian dengan tema persatuan haruslah di tingkatkan. Ia menjelaskan bahwa tahapan dalam membentuk sebuah persatuan adalah saling mengenal, saling mengerti, bekerjasama, dan bersabar.

Sementara Ustadz Awan Abdullah, Sp.J. dalam materinya mengutip Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183, yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. “Sehingga sumber persatuan itu adalah takwa, meski berbeda ras, suku, ataupun warna kulitnya, jika bertakwa maka persatuan akan terbentuk,” jelasnya.

Adapun Awan Abdullah, dalam materinya mengutip Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 185, bahwa AL-Qur’an merupakan jalan takwa. Dalam ayat lain Awan Abdullah menjelaskan Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 147 yang artinya “Kebenaran itu dari Tuhan-mu, maka jangnlah sekali-kali engkau (Muhammad) termasuk orang-orang yang ragu,” paparnya.

Disampaikan Awan Abdullah, pada dasarnya yang benar itu berasal dari Allah bukanlah pendapatmu dan pendapatku. “Apapun pilihannya terdapat perbedaan, jika ada dalilnya maka itulah kebenaran,” paparnya.

Kepala Divisi Pendidikan & Dakwah Direktorat Pendidikan & Pembinaan Agama Islam (DPPAI) UII, Junaidi Safitri, S.E.I., M.E.I. saat dimintai keterangan pada Jumat (3/5) menuturkan, banyak agenda yang telah disiapkan bekerjasama dengan lima lembaga dakwah di bawah naungan DPPAI, yakni Takmir Masjid Ulil Albab, Dakwah Hijrah Mahasiswa, Korps Dakwah Mahasiswa, Hafizh-Hafizhah Mahasiswa UII, dan UII Ayo Mengajar.

“Beberapa kegiatan yang telah disiapkan antara lain Safari Iman Ramadhan, Relawan Ramadan, dauroh Al-Qur’an, bimbingan keagamaan untuk Satuan Pengamanan (Satpam) dan petugas cleaning service, studi gender mengenai ketahanan keluarga, serta menyelenggarakan pertemuan dan workshop bersama mudin atau rois kaum yang ada di bawah Kemenag wilayah Sleman. (ANR/LAR)