Universitas Islam Indonesia (UII) selalu berupaya menjaga kualitas dan penjaminan mutu di lingkungannya. Hal tersebut tampak terlihat pada Program Studi Ilmu Kimia UII yang berupaya mempertahankan akreditasi “A” yang sudah diraihnya sejak 2013. Pada Senin (28/05), Program Studi Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UII (FMIPA UII) kembali dikunjungi asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) setelah 5 tahun dalam kegiatan Visitasi Akreditasi BAN-PT.

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir pimpinan universitas, fakultas, program studi di lingkungan FMIPA UII, Yayasan Badan Wakaf UII. Asessor dari BAN-PT di antaranya Dr. Ir. Prastawa Budi, M. Sc dan Dr. Dra. Ratna Ediati, MS. Pertemuan tersebut diadakan di Ruang Sidang Fakultas FMIPA UII.

Nandang Sutrisno menjelaskan walaupun beberapa jurusan yang ada di UII sudah berakreditasi internasional, tak lantas membuat UII berbesar hati. UII masih terus berupaya untuk terus menjalankan proses-proses pokok yang berstandar nasional. “Kita masih tetap harus menjalanankan standar-standar nasional, salah satunya adalah pengakreditasian setiap jurusan yang ada di lingkungan UII.” Jelasnya.

Wakil Rektor I UII, Dr.-Ing Ilya Fajar Maharika berharap semua jurusan yang ada di lingkungan UII memiliki akreditasi sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan mutu UII bertambah.

Sementara itu, Dr. Mustaqiem yang merupakan Ketua Pengembangan Pendidikan PYBW UII berharap hasil dari visitasi akreditasi ini akan diperoleh hasil yang memuaskan. “Lembaga swasta masih sangat diharapkan oleh negara untuk bisa ikut serta dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat sehingga menjadi alumni yang berkualitas. Oleh sebab itu, saya yakin dari pihak jurusan maupun fakultas sudah berusaha dengan keras mengikuti ketentuan BAN-PT. Kalau yang mengevaluasi diri sendiri akan bersifat subyektif sedangkan dari BAN-PT akan bersifat objektif sehingga diharapkan hasilnya memuaskan kedua belah pihak.” Paparnya.

Prastawa Budi yang merupakan perwakilan dari BAN-PT sangat mengapresiasi kinerja UII. Namun, ia tak lupa berpesan untuk UII agar tetap bertanggung jawab secara sosial sebagai perguruan tinggi yang berguna bagi dunia nasional maupun internasional. “Telah diketahui bahwa tidak ada yang meragukan UII karena kualitas dan mutu. Namun, sebagai institusi perguruan tinggi tidak lepas dari tanggung jawab sosial. Perguruan tinggi harus bermanfaat bagi lingkungan dalam lingkup kecil, nasional bahkan internasional.” Pesannya.

Kegiatan visitasi akreditasi kemudian dilanjutkan dengan pertemuan BAN-PT dengan Pimpinan Fakultas, Dosen Program Studi Ilmu Kimia, Mahasiswa Kimia, dan Alumni Kimia. Kunjungan ke sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar seperti Perpustakaan Pusat, Laboratorium FMIPA UII, Pusat Studi Minyak Atsiri, sarana perkuliahan, dan gedung administrasi FMIPA Terpadu juga dilakukan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkonfirmasi konsistensi Program Studi Kimia dengan apa yang sudah di tulis pada borang akreditasi. Kegiatan Visitasi Akreditasi BAN-PT ditutup dengan acara Buka Puasa Bersama yang diadakan di Hall FMIPA UII. (NIQ/ESP)