Safari Iman Ramadhan (SAFIR) Takmir Masjid Ulil Albab (TMUA) menyelenggarakan acara “1000 Cinta Anak Yatim” yang mengusung tema “Meraih Senyum Keberkahan Bersama Anak Yatim”. Acara yang bekerja sama dengan Yayasan Yatim Mandiri ini berlangsung di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir kampus terpadu UII pada Selasa (29/05). Turut hadir anak-anak panti dari 10 panti asuhan dari seluruh wilayah Yogyakarta. Acara tersebut dimeriahkan oleh 10 penampilan anak-anak dari 10 panti asuhan serta hadroh dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Turut hadir pada acara ini yaitu motivator anak nasional Risma Wira Bharata S.E M.Sc.

Dalam kesempatannya, ia memotivasi anak-anak yang hadir di acara ini agar senantiasa semangat meraih kesuksesan meskipun dengan keterbatasan yang ada. Risma juga berbagi cerita kepada anak-anak bahwasannya ia dahulu ketika di bangku sekolah dikenal sebagai anak yang mempunyai keterbatasan. Namun karna kegigihannya sampai sekarang ia dapat mengenyam pendidikan di salah satu universitas ternama di Yogyakarta sampai S3.

Ia juga berbagi cerita tentang orang yang mempunyai keterbatasan namun keterbatasan itu tidak menjadi penghalangnya untuk meraih cita-cita. “Kakak tingkat saya, dulu beliau sudah divonis dokter tidak bisa berjalan, bicara, dan berfikir. Tapi ternyata usaha dari kedua orang tuanya luar biasa. Setiap hari didengarkan Al Quran dan diusianya ke tiga tahun, beliau pertama kali ngomong bahasa Al Quran. Dan diusianya ke-enam tahun beliau sudah hafal Al Quran tanpa membaca”, ungkapnya.

Kemudian ia mengungkapkan bahwa Allah merahasiakan masa depan agar hambanya senantiasa berprasangka baik kepada Allah. “Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika orang itu tidak merubah nasibnya sendiri. Oleh karena itu harus senantiasa berusaha dan berdoa. Insyaaallah kalian sukses” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video tentang berita salah satu siswa yang mempunyai keterbatasan fisik di Banjarnegara. Namun ia dapat meraih prestasi akademik sebagai siswa dengan nilai terbaik di sekolahnya.

Sementara itu, Ilham Rais (Teknik Elektro 16) selaku penanggung jawab acara mengungkapkan acara ini diharapkan dapat memotivasi dan menghibur anak-anak panti dengan materi dari motivator anak Risma Wira Bharata. Serta terdapat beragam santunan dan hadiah yang dibagian dari mahasiswa sendiri. Ilham berharap acara ini dapat memberikan kesan untuk anak-anak panti yang hadir agar lebih semangat tampil dan leih kenal dengan UII. (AR/ESP)