Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah. Bulan yang mampu meningkatkan rasa empati dan peduli individu terhadap sesama. Berbagi menjadi salah satu kata kegiatan yang lazim dan sering dilakukan di bulan Ramadan ini. Bertempat di Auditorium Auditorium Prof. KH. Abdulkahar Mudzakkir, Rabu petang (22/5), Safari Iman Ramadan (SAFIR) Takmir Masjid Ulil Albab (TMUA) menyelenggarakan acara “1000 Cinta Anak Yatim” yang mengusung tema “Tebar Kebaikan dalam Nuansa Indahnya Anugrah Ilahi”

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan & Alumni UII, Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag. membuka acara dengan khidmat. Ia menyampaikan dalam sambutannya, acara ini menjadi salah satu bentuk ikhtiar dari UII dalam berbagi dengan sesama khususnya anak-anak yatim. Berbagi dan memberi kasih sayang pada anak-anak yatim merupakan kunci menuju surga. “Bangga dan bahagia bisa bertemu dengan adik-adik disini, bagaikan melihat kunci tetapi bukan kunci biasa, melainkan kunci pembuka surga,” tuturnya.

Seperti dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Barang siapa yang memberi makan dan minum seorang anak yatim di antara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga.” Dalam hadist tersebut Rohidin menjelaskan dengan memberikan kebahagiaan dan kasih sayang pada anak yatim menjadi satu amalan yang mampu membukakan pintu surga kepada siapa saja yang melakukannya. “Semoga adik-adik disini dapat memperoleh kebahagiaannya meskipun sederhana dan semua ini kami lakukan hanya mengharap ridho Allah semata,” tuturnya.

Sementara itu, Kamaluddin Simamora selaku Ketua Organizing Committee SAFIR UII mengatakan agenda ini menjadi agenda tahunan yang dilakukan TMUA UII melalui SAFIR UII dalam upaya berbagi kasih sayang pada anak-anak yatim. Melalui kegiatan ini harapannya dapat memberikan kebahagiaan bagi anak-anak dan mampu membentuk karakter anak-anak yang cinta Islam. “Semoga dengan hadirnya anak-anak yatim disini mampu memberikan kesan bagi mereka agar lebih bersyukur dan mencintai Islam serta lebih mengenal UII,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini turut hadir hampir 1000 anak yatim di sekitar lingkungan UII, bekerja sama dengan Yayasan Yatim Mandiri. Acara ini dimeriahkan oleh Kak Junendra dari Jurus Kisah Persaudaraan Pencerita Muslim, artis cilik Zerlina Qonza dan MBS Acapella. Kak Junendra menyampaikan kisah-kisah teladan Rasulullah dan para sahabat di depan anak-anak dengan gaya aktraktif dan menarik. Sehingga anak-anak mampu mengikuti kegiatan tersebut dengan ceria dan bahagia. Selain itu juga disediakan berbagai macam hadiah yang menambah keceriaan anak-anak di acara tersebut. (ENI/RS)