Manusia merupakan makluk yang memiliki beragam rutinitas yang padat. Dari padatnya rutinitas tersebut, terkadang membuat manusia lupa memperhatikan kesehatannya. Akibatnya, sering kali hal-hal kecil yang diabaikan menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia, diantaranya masalah kebersihan dan kesehatan kaki.

Bau kaki disebabkan oleh kondisi kaki yang lembab karena tertutup alas kaki. Lembabnya udara didalam alat kaki menyebabkan adanya perkembangbiakan bakteri di permukaan kulit dan alas kaki. Bakteri tersebut memakan keringat yang ada di permukaan kaki dan akhirnya menimbulkan bau sehingga membuat kaki terasa gatal dan terserang penyakit.

Tim mahasiswa UII yang beranggotakan Willa Putri Malinda Buchori, Fatmawati A Kure Izzatul Jannah, Inta Tufliatul Qonita dan Viola Argi Candra Dewi tertarik membuat suatu produk baru untuk memecahkan masalah tersebut, yaitu dengan membuat produk Penghilang Bau Kaki dari Bunga Lavender (PELANGI DARI BULAN) yang dapat digunakan sebagai relaksasi.

Dijelaskan Willa Putri pada Kamis (17/5), Bunga lavender memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan manusia. Selain itu juga ditambahkan bubuk kopi, lidah buaya, dan garam. “Cara penggunaannya dengan melarutkannya di dalam air maupun menjadikannya sebagai scrub untuk menghilangkan bakteri dan mengangkat sel kulit mati sehingga kaki terasa halus dan harum,” jelasnya.

Keunggulan produk pelangi dari bulan ini menurut Fatmawati ialah bahan-bahan yang ada di dalamnya alami, mengandung banyak vitamin dan mampu menyehatkan kaki kita sehingga tidak hanya sebagai kecantikan namun juga sebagai kesehatan yang mampu menghilangkan bau kaki, menjaga kelembapan kaki, dan mampu menghilangkan sel kulit mati. selain itu produk ini bisa digunakan untuk mendetoks badan namun hanya dengan cara melarutkannya didalam air.

“Produk PELANGI DARI BULAN ini aman digunakan untuk berbagai usia. Kemasan yang elegant dan simple praktis dibawa kemana-mana. Selain itu harganya sangat terjangkau yaitu Rp 47.000 per produk,” terangnya.