Yogyakarta, seperti banyak orang ketahui merupakan kota pelajar, dimana beragam mahasiswa dari berbagai penjuru di tanah air datang menimbah ilmu. Dengan berbagai latar belakang budaya, suku dan agama, mereka berbaur menjadi satu dengan budaya setempat. Termaksud di dalamnya mahasiswa yang beragama Islam. Sebagai agama mayoritas di Indonesia, mahasiswa rantau di Yogya juga di dominasi oleh mahasiswa muslim. Ketika bulan Ramadan tiba, mereka turut meramaikan kota Yogya. Sehingga kenikmatan berpuasa di kota ini tidak hanya karena dapat bersilaturahmi  dengan penduduk lokal dan jawa yang ramah-ramah tersebut saja, melainkan juga dapat berbaur dan bersilaturahmi dengan berbagai warga muslim (khususnya mahasiswa) dari daerah lain yang ada di Indonesia, baik itu dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, Papua dan berbagai daerah lainnya.

Biasanya ketika hendak berbuka puasa, mereka menghabiskan waktunya di beberapa tempat.Berikut tempat-tempat berkumpulnya mahasiswa rantau di Yogya ketika hendak berbuka puasa di bulan Ramadan.

Masjid

Salah satu tempat yang paling sering kita jumpai yang menjadi tempat favorit berbaurnya berbagai mahasiswa muslim rantau yakni di masjid. Bagi sebagian besar mahasiswa muslim rantau, bulan Ramadan betul-betul menjadi bulan yang penuh berkah, karena bukan hanya sekedar kemudahan memperolah pahala, tetapi juga kemudahan dalam memperoleh makanan untuk berbuka puasa. Untuk kota Yogyakarta, hampir semua masjid menyediakan menu berbuka untuk setiap jamaah, dan biasanya sambil menunggu waktu berbuka, jamaah dapat mendengarkan tausiah yang diberikan oleh ustad. sehingga masjid selalu menjadi pilihan utama bagi mahasiswa rantau karna dapat ilmu dan dapat menu berbuka puasa.

Warung dan Resto

Banyaknya warga muslim rantau di Jogyakarta juga membuat acara buka bersama semakin sering kita jumpai di warung dan resto yang menyediakan tempat untuk berbuka puasa. Biasanya tempat ini menjadi pilihan karena para muslim rantau mengadakan Perkumpulan dari sesama satu daerah, satu angkatan, ataupun dari organisasi yang sama.

Boulevard kampus

Tempat buat para mahasiswa ngabuburit dan menunggu waktu berbuka juga banyak ditemui di kawasan boulevard kampus. Suasana yang ramai dan nyaman membuat para mahasiswa suka menghabiskan waktunya di tempat ini.

Kontrakan atau kos-kosan

Banyaknya mahasiswa pendatang yang bermukim di Yogyakarta juga membuat pemukiman baik itu kontrakan atau kos-kosan dipenuhi oleh mahasiswa dari berbagai daerah, sehingga biasanya mereka juga mengadakan buka puasa bersama khusus untuk anak rantau kontrakan atau kos-kosan.

Asrama mahasiswa

Di Yogyakarta, sangat terkenal dengan banyaknya asrama-asrama dari berbagai daerah. Hampir semua daerah yang ada di Indonesia, memiliki asrama mahasiswa di Yogya, sehingga ketika bulan Ramadan, asrama mahasiswa juga merupakan salah satu tempat yang turut mengadakan buka puasa bersama untuk mahasiswa rantau.

Selain keempat lokasi diatas, masih banyak lokasi-lokasi lain yang menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa rantau dari berbagai daerah, seperti di tugu Yogyakarta, alun-alun, komplek keraton Yogyakarta, dan malioboro. (MC)