Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Islam Indonesia (UII) melaksanakan Workshop Pengelolaan Sumber Daya pada Rabu (13/11) di Ruang Pandawa Swiss-Belboutique Hotel Jl. Jendral Sudirman, Terban, Yogyakarta. Workshop yang berlangsung selama dua hari yakni 13-14 November 2019 ini diikuti oleh setidaknya 50 peserta yang terdiri dari para pimpinan universitas, dekan, ketua jurusan, pengelola SDM tingkat yayasan, universitas, dan tingkat fakultas. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII, Dr. Drs. Imam Djati Widodo., M.Eng.Sc.

Imam Djati Widodo menyampaikan workshop ini dilatarbelakangi sering munculnya kendala-kendala teknis terkait dengan peraturan ataupun pelaksanaan alur bisnis di lingkup pengelolaan kepegawaian di UII. Di tingkat fakultas dan universitas misalnya, masalah yang sering muncul terkait dengan perbedaan format pengusulan daftar usulan kenaikan pangkat yang berbeda-beda antar fakultas.

Akibatnya proses selanjutnya mengalami hambatan. Sementara di jenjang yayasan, masalah berupa adanya perpindahan tugas staf pengelola SDM sebagai dampak dari rotasi maupun promosi tendik sehingga menyebabkan adanya multitafsir dalam penerapan beberapa peraturan alur proses kepegawaian.

“Tujuan dari workshop ini adalah agar kita bisa memiliki perspektif yang sama tentang pengelolaan SDM sesuai aturan yang berlaku di lingkup yayasan maupun pemerintah. Kami berharap dukungan dari bapak ibu, ketua jurusan, dekan yang hadir nanti bisa membantu proses terutama dalam hal administrasi melalui form-form yang nanti kami siapkan, sehingga dapat dipelajari bersama agar proses administrasi lebih baik lagi.” Tambah Imam.

Di hari kedua, materi pertama diisi oleh Sukarsono Windu Kumoro, S.Kom., M.Kom selaku Kabag. Kelembagaan dan Sistem Informasi. Materi kedua terkait dengan Kepegawaian meliputi Proses Usulan Inpassing Pangkat (Pangkat awal dan Kenaikan pangkat sampai pangkat tertinggi), Penyusunan SKP bagi DPK dan SKP Dosen Non PNS, serta Alur Proses Tugas Belajar bagi Dosen DPK oleh Denes Kustinah, S.Pd – Kasubbag. Hukum, Kepegawaian dan tata Laksana bersama Tego Sudarto, SE., MM – Analis Organisasi dan Tata Laksana.

Sementara materi terakhir diisi oleh Dr. Siti Anisah, S.H., M.H., selaku Ketua Bidang Pengembangan Bisnis PYBW UII. Materinya terkait dengan Pokok-Pokok Kepegawaian Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia. Meliputi Aturan Kenaikan Pangkat, Golongan dan Ruang dan Aturan Kenaikan Gaji Berkala.

Sebanyak delapan pemateri akan mengisi workshop yang diadakan. Seperti materi tentang Sosialisasi Penyeragaman Form Usulan Pengajuan Jabatan Akademik di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang dibawakan oleh Dr. Ir. Sri Kusumadewi, S.Si., MT, materi ke dua tentang Jabatan Fungsional Proses Usulan Jabatan Fungsional Dosen Non PNS mulai dari awal pengusulan dosen sampai dengan Penetapan Angka Kredit oleh Tunggul Priyono, SH., Hum – Plt Sekretaris LLDIKTI V dan Rahman Hakim, SE – Analis Kualifikasi dan Karir Diktendik, materi 3 terkait Peraturan Rubrik Beban Kinerja Dosen, Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Dosen bagi dosen berjabatan fungsional AA sampai dengan Lektor dan Tunjangan Kehormatan Lektor Kepala dan Guru Besar, oleh Eko Yuwono, ST – Analis Sistem Informasi bersama Umi Hanifah, S.Kom – Pengelola Peningkatan Kualifikasi Diktendik.

Adapun materi 4 yakni tentang Bidang Pengembangan dan Pendidikan Dosen Yayasan meliputi Alur Proses Perizinan Tugas Belajar, Pelaporan Kemajuan Studi, Perubahan status karyasiswa serta, Pengaktifan kembali Pasca Tugas Belajar oleh pemateri yang sama. Hari pertama diakhiri oleh Direktur SDM UII Ike Agustina, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dengan materinya terkait dengan Sosialisasi Alur Pengajuan Karyasiswa di Lingkungan Universitas Islam Indonesia. (DD/ESP)