Meskipun pandemi belum mereda, Universitas Islam Indonesia (UII) konsisten untuk terus membangun dan merealisasikan kerja sama dengan berbagai universitas bereputasi dari penjuru dunia. Salah satunya yakni dengan Dicle University, Diyarbakir Turki diwujudkan dalam bentuk program pertukaran budaya Turki dan Indonesia selama 11 hari, pada 15 hingga 26 Maret 2021.

Pelaksanaan program ini dipandu oleh staf dan akademisi dari kedua universitas. Salah satu kegiatan yang dirancang adalah pembelajaran bahasa Turki dan bahasa Indonesia. Dalam program ini, segenap akademisi UII fokus memperkenalkan budaya Indonesia dan perkembangan Islam di nusantara dari masa ke masa.

Sementara itu Dicle University dalam kegiatan menghadirkan pembicara untuk mengulas sejarah perkembangan kehidupan sosial, politik dan ekonomi di Turki dari tahun 1923 hingga saat ini, dan kemunculan Turki modern serta peninggalan arkeolog di Anatolia Tenggara. Selain itu, program ini juga mencoba untuk membahas perbedaan tradisi Islam yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan Turki

Prof. Dr. Ahmed Tanyildiz selaku perwakilan Dicle University berharap bahwa hubungan baik yag terjalin antara Turki dan Indonesia sejak masa Turki Usmani hingga saat ini dapat terus berkembang dan membawa dampak positif terhadap kolaborasi kedua universitas di masa yang akan datang. “Terima kasih kepada semua staf dan akademisi dari kedua universitas yang telah membuat program ini terwujud. Semoga program ini bisa bermanfaat untuk kalian semua (peserta),” ujarnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Networking & Kewirausahaan UII, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D dalam sambutannya menuturkan bahwa ide dari penyelenggaraan program berawal dari kunjungan pihak UII ke Diyalbakir di akhir tahun 2019. “Pada saat itu, kedua belah pihak mengharapkan segara terjalin kerja sama internasional dan direalisasikan dalam sebuah program bersama, namun persebaran Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 membuat rencana ini tertunda,” terangnya.

“Kami sangat antusias akan hubungan Indonesia dan Turki yang telah menjembatani berbagai program mobilitas internasional antara universitas Islam Indonesia dengan beberapa universitas di Turki. Kerja sama kami dengan Dicle University baru pertama kali terbangun saat ini,” tuturnya. (AP/RS)