Prestasi membanggakan kembali diraih sivitas akademika UII. Tak melulu akademik, kini di bidang olahraga pun, unit kegiatan mahasiswa (UKM) turut harumkan nama kampus. Adalah tim beregu putra UKM Badminton Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih posisi juara II atau Runner-up pada gelaran Liga Mahasiswa (LIMA) Badminto: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8. Turnamen tersebut berlangsung di Gelanggang Olahraga Prof. Sudarto, S.H, Universitas Semarang (USM) pada 8-15 Maret 2020.

Keikutsertaan tim UII berada satu grup bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan USM di Pull A dari dua grup yang dipertandingkan. Di babak kedua penyisihan, UII berhasil mengamankan kemenangan setelah mengalahkan wakil dari UGM dengan skor 3-2. Hasil ini juga membuat UII mengamankan satu tiket ke semifinal.

Di babak semifinal UII berhasil mempertahankan kemenangan setelah berhasil menundukkan wakil dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), dengan skor 3-1. Atas kemenangan ini, tim beregu putra UII memastikan tiket final. Kekalahan atas USM pada babak penyisihan, belum dabat dibalikkan oleh Tim UII dan mengharuskannya puas dengan capaian Runner-up.

Meski demikian, raihan yang dicapai cukup membuat UKM Badminton UII berbangga. Hal ini sebagaimana diungkapkan Garnis Ramadan selaku ketua UKM Badminton UII. Meskipun melawan sederet tim unggulan, dengan satu tiket final merupakan prestasi yang patut diapresiasi.

“Saya senang tim UII bisa melangkah ke final. Sempat cemas tim UII tidak bakal lolos penyisihan grup dikarenakan awal pertandingan kami kalah dari tuan rumah (USM), dan akan berhadapan dengan tim UGM. Tetapi dengan semangat juang mereka yang tanpa beban dan startegi yang benar, kami berhasil menang sehingga bisa melaju ke semifinal,” ungkap Garnis.

“Di semifinal, kami berhadapan dengan juara 1 tahun lalu yakni Unnes dan kami menerapkan strategi yang sama ketika melawan tim UGM di penyisihan grup. Alhamdulillah berhasil lolos ke final dan berhadapan kembali dengan tuan rumah (USM),” Lanjut ketua UKM Badminton yang juga merangkap Manajer TIM Badminton beregu putra UII itu.

Garnis berharap, ke depan UKM Badminton UII terus mendulang prestasi baik di tingkat regional hingga internasional. Tidak hanya dengan latihan fisik, bagi Garnis mental juara juga sangat diperlukan. “Harapan saya, semoga tim UII bisa berjaya baik di level regional, nasional maupun internasional,“ ujarnya.

“Meskipun kita ketemu tim elit, kita jangan langsung berpikir untuk kalah, dicoba dulu dengan semaksimal kita dan siapkan mental juara kita,” terang Garnis yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa aktif di Program Studi Teknik Elektro UII. (DD/ESP)