Center for International Language and Cultural Studies – Universitas Islam Indonesia (CILACS UII) baru saja meresmikan kantor barunya di wilayah Gamping, Sleman Barat. Kantor ini sekaligus merupakan kantor ketiga setelah beberapa kantor lainnya yang berada di Kampus UII Demangan Jl. Demangan Baru No. 24 dan juga yang terletak di Kampus terpadu UII Gedung Simpul Tumbuh, Jl. Kaliurang km. 14,5. Grand Opening Kantor Cabang Unit Gamping dilaksanakan di depan gedung baru Cilacs UII Kantor Cabang Unit Gamping yang terletak di Gamping Kidul, Desa Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yoyakarta pada Rabu (4/9). Acara dihadiri perwakilan SMA, mitra lembaga bahasa, dan perguruan tinggi di wilayah sekitar.

Dibukanya cabang baru Cilacs UII ini diharapkan dapat memberikan kontribusinya bagi masyarakat luar khususnya yang berada di bagian Sleman Barat (Gamping Kidul), sebagaimana visi UII. Hal tersebut disampaikan Kepala Cilacs UII Fitri Nugraheni., Ph.D.

“Dengan dibukanya Cilacs UII kantor 3 unit Gamping ini diharapkan dapat melebarkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat, sehingga dapat menebarkan manfaat bagi masyarakat secara luas. Hal ini sesuai dengan visi UII sebagai rahmatan lil’alamin”

Sementara itu, sebagai sesepuh desa Ambarketawang, Bapak Bambang Cahyono menyampaikan selamat datang dan harapan dengan adanya kantor Cilacs UII ini dapat meramaikan Padukuhan Gamping Kidul.

“Kami atas nama warga dan masyarakat padukuhan Gamping Kidul mengucapkan selamat datang kepada Cilacs UII. Mari kita bersama-sama memajukan dan meramaikan Padukuhan Gamping Kidul, terutama dalam bidang pendidikan bahasa.” kata Bambang yang juga Kepala Dukuh Gamping Kidul.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan Karir Dr. Zaenal Arifin., M.Si juga mengharapkan Cilacs sebagai salah satu unit di UII dapat memberikan manfaat secara luas, tidak hanya fokus pada kuantitas, tetapi juga pada kualitas layanan yang diberikan.

“Buka cabang berarti harus punya konsekuensi. Jangan sampai layanan yang diberikan berbeda dengan yang selama ini diberikan sebelumnya. Jadi harus tetap ada kontrol. Sehingga pelayanannya tetap sama”

Di akhir sambutan, Zaenal Arifin juga menegaskan agar Cilacs UII dapat memberikan prioritas bagi masyarakat sekitar dalam menggunakan fasilitas yang ada di Cilacs UII. “Saya setuju kiranya ada harga khusus bagi masyarakat sekitar, terutama yang memiliki KTP di Gamping Kidul.” Ujar Zaenal Arifin.

Cilacs UII merupakan lembaga pelatihan bahasa dan kajian budaya di bawah UII yang berkomitmen dalam pengembangan kompetensi bahasa, khususnya bahasa asing. Berbagai pelatihan bahasa yang disediakan seperti bahasa Inggris, Arab, Korea, Jepang, Mandarin, Prancis, Italia, Jerman, serta Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Cilacs UII juga menyediakan layanan translate, proofread dan interpreter.

Lembaga ini juga menjadi salah satu tempat tes resmi (official test center) bagi beberap jenis tes seperti CEPT, TOEFL ITP, TOEFL iBT, SIMLA (Bahasa Arab) serta official registration center untuk tes IELTS. Seluruh program yang ada di UII tidak hanya untuk pelajar dan mahasiswa, tetapi juga dibuka untuk berbagai kalangan mulai dari pegawai, profesional, hingga umum.