Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UNISI kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Tidak tanggung-tanggung, pada pergelaran Rimpala SRT Competition 4 (RSC 4) yang berlangsung pada 23-25 Agustus 2019 di Institut Pertanian Bogor, dua mahasiswi anggota Mapala UNISI berhasil meraih juara 1 dan 3. Mereka adalah Tri Agustina, Ilmu Kimia (17) dan Fradia Ray Salsabilla, Teknik Industri (18).

Rimpala SRT Competition 4 (SRT 4) merupakan kegiatan dua tahunan yang diselenggarakan oleh Rimpala Fahutan IPB. Single Rope Technique (SRT) yang dilombakan pada ajang tersebut merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengakses satu tali untuk naik (ascending) atau turun (descending). Umumnya, teknik ini diterapkan pada tebing dan gua vertikal.

Sebelum dinyatakan sebagai juara pertama, Tri Agustina terlebih dahulu harus menyingkirkan 14 pesaingnya, yang sebagian besar berasal dari pulau Jawa. Di hari pertama seluruh peserta harus melewati tantangan time trial. Dari tahap ini, sebanyak delapan peserta yang berhasil mendapatkan poin paling banyak serta waktu yang paling cepat dinyatakan lolos ke tahap delapan besar.

“Pada tahap delapan besar, peserta dibagi menjadi empat kelompok. Setiap peserta berhadapan satu lawan satu. Setiap peserta yang memiliki poin paling banyak serta waktu paling cepat dinyatakan sebagai pemenang untuk ke tahap semi final.” Kisah anggota Mapala UINISI yang akrab disapa Janti.

Empat orang yang dinyatakan melaju ke babak semi final kembali harus berhadapan satu lawan satu. “Di semi final, kita kembali berhadapan satu lawan satu, dan kebetulan saya berhadapan sama Fradia. Poin kami sama, akan tetapi waktu saya jauh lebih cepat dibanding dia. Jadi saya yang melaju ke final,” lanjut Janti.

Merupakan suatu hal yang membanggakan bagi Tri Agustina dapat membawa nama Mapala UNISI dan UII di pentas nasional yang baru dilaluinya. Meskipun tantangan yang diberikan cukup sulit, namun Tina dapat melalui tahap demi tahap. Hal tersebut tidak lepas dari motivasi yang selalu ia pupuk dalam dirinya, serta hasli latihan bersama di Mapal UNISI. Selain prestasi, pengalaman berharga serta relasi dengan teman-teman baru menjadi motivasi tersendiri baginya.

“Sangat bangga pasti bisa membawa nama Mapala UNISI dan juga UII di ajang nasional seperti ini, jadi meskipun varian lintasannya banyak dan cukup sulit, saya tetap berusaha karena saya tidak hanya mewakili nama saya, tetapi juga nama organisasi dan nama kampus,” jelas Tri.

Perasaan yang sama juga dirasakan oleh Fradia Ray Salsabilla yang berhasil meraih juara 3 pada lomba tersebut. Fradia sempat tidak percaya dapat bertahan hingga tahap terakhir perebutan juara 3. Karena ajang ini merupakan kali pertama baginya dalam mengikuti kompetisi menggunakan teknik satu tali.

“Ini pertama kali saya mengikuti lomba SRT, jadi bangga sekali bisa membawa hasil yang cukup memuaskan. Banyak pengalaman yang saya dapatkan mulai dari teman baru, dan tentunya pelajaran berharga,” ujar Fradia. (DD)