Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, segenap keluarga besar Universitas Islam Indonesia (UII) yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan satpam menghadiri upacara bendera di Lapangan Sepak Bola UII, Jl. Kaliurang Km. 14,5, Jum’at (17/8). Jalannya upacara bendera dimulai sejak pukul 07.00 WIB, dan berlangsung dengan khidmat serta lancar.

Bertindak sebagai pembina upacara Rektor UII, Fathul Wahid., ST., M.Sc., Ph.D. Sementara bertugas sebagai pengibar bendera dari Satuan Resimen Mahasiswa (MENWA) UII. Sedangkan pengiring lagu Indonesia Raya oleh Paduan Suara Mahasiswa bersama Marching Band UII.

Fathul Wahid dalam amanatnya membacakan pidato Gubernur DI Yogyakarta bertemakan “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Dalam pidato tersebut, Gubernur DI Yogyakarta mengajak masyarakat Indonesia untuk bersyukur atas kemerdekaan yang telah di raih sampai saat ini.

Gubernur DIY dalam pidatonya menyinggung suasana guyub rukun dan kerja bersama yang telah diteladankan oleh para pendiri bangsa tatkala berjuang bersama di Republik Yogya tahun 1945-1949. Pada masa itu, jiwa kebangsaan membakar dada setiap pemimpin yang menyatu dengan rakyat, realita dari filosofi Manunggaling Kawulo Gusti.

Lebih lanjut Fathul Wahid menyampaikan pidato Gubernur DI Yogyakarta, ketika itu cara berjuang yang berPancasila disemaikan, dan mewujud nyata dalam semangat keBhinneka Tunggal Ikaan. Jika dulu berjuang mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan, maka di alam reformasi sekarang ini dapat hidup terhormat dalam kemajuan, kesejahteraan dan keadilan.

“Esensi dari tema Kerja Kita, Prestasi Bangsa adalah Kerja Bersama sebagai bagian dari budaya masyarakat Indonesia, dimana saat ini mesti dikuatkan kembali sebagai wahana menuju peradaban yang lebih bermartabat,” ungkap Gubernur DI Yogyakarta dalam pidatonya.

Lebih lanjut dibacakan Fathul Wahid, bulan kemerdekaan ini pada prinsipnya adalah momentum the energy of Indonesia. “Demikian karena selang sehari sesudah peringatan ini akan dilakukan upacara pembukaan Asian Games ke-18 dan Tujuh hari sebelumnya telah diadakan pendaftaran pasangan bakal calon Presiden/Wakil Presiden RI periode 2019-2024,” tuturnya. (MHH/EF)