Membangun Inspirasi Bisnis Dalam Sehari di CLC UII
Culture & Learning Center Universitas Islam Indonesia (CLC UII) sukses menggelar CLC Workshop “Business in a Day” pada Sabtu (10/05) dengan mengangkat tema “Bring Your Ideas to Life in Just One Day” di Ruang Auditorium Lt. 5 Fakultas Ilmu Agama Islam UII. Para peserta yang hadir dalam acara tersebut mendapatkan berbagai pengetahuan berharga dari dua narasumber, Anindya Kenyo Larasati (Founder dan CEO Roote Trails) dan Ricky Iskandar (Communication Specialists).
Kegiatan CLC Workshop “Business in a Day” ini diadakan dalam tiga sesi yaitu, “From Problem to Plan” (membangun ide), “Make it Sell” perencanaan bisnis, dan business pitch.
Anindya Kenyo Larasati mengawali kegiatan workshop dengan menjelaskan bagaimana cara mengembangkan suatu permasalahan menjadi ide program bisnis. Anindya memberikan contoh nyata cara membangun ide dari latar belakang bisnis layanan tourism Roote Trails yang didirikannya.
Menurut Anindya, ia menemukan beberapa permasalahan tourism di Indonesia seperti kurangnya panduan wisata yang responsif dan menyenangkan serta tools yang masih mengabaikan dampak lokal. Roote Trails hadir sebagai solusi untuk permasalahan-permasalahan tersebut memberikan pengalaman yang eksploratif, rewarding, dan peduli dengan dampak lokal dengan program menjaga lingkungan dan promosi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.
Anindya juga menegaskan bahwa setelah membuka bisnis kita harus memperhatikan value proposition dan competition advantage agar bisnis terus bertahan. “Jika, kamu tidak punya keunikan maka kamu tidak punya daya tarik dan tidak bisa bertahan dalam persaingan pasar. Dalam bisnis kita harus memiliki resiliensi yang kuat dan memiliki entrepreneurial mindset,” ungkapnya.
Sesi kemudian dilanjutkan dengan idea elaboration dalam kelompok. Para peserta yang hadir dibagi dalam 6 grup, masing-masing mendiskusikan ide berpotensi untuk dikembangkan dan menghasilkan market value yang besar. Kelompok-kelompok tersebut lalu mempresentasikan ide, kelebihan dan tantangannya di depan kedua narasumber. setelah sesi pitching usai, grup dengan ide terbaik mendapatkan hadiah spesial dari CLC UII.
Acara ini diharapkan dapat menjadi pelecut bagi mahasiswa reguler maupun internasional Universitas Islam Indonesia untuk dapat terus berkarya dan mengeksplorasi ide kreatif yang dibutuhkan oleh pasar. Mahasiswa yang berpotensi dapat ikut serta dalam ajang-ajang bergengsi lain seperti Program kreativitas Mahasiswa (PKM), P2MW, PPK ORMAWA, hingga P2A di skala internasional. (MNDH & AAU/AHR/RS)