Masa pandemi bukan berarti mengurangi aktivitas produktif. Banyak aktivitas indoor mengasyikkan yang dapat dilakukan ketika pandemi. Salah satunya kebiasaan membaca buku. Kebiasaan ini sangat baik karena tidak hanya menambah pengetahuan tapi juga memuaskan rasa ingin tahu akan topik yang menjadi minat kita. Sebagaimana dibahas oleh English Department Students Association (EDSA FPSB UII) dalam acara english junkies yang diadakan melalui Zoom. Pembicara yang hadir adalah salah satu mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI UII), Irvan Rusian.

Irvan menyampaikan kebiasaan membaca pada dasarnya dapat dilatih selama pandemi. Sebab terkadang timbul kejenuhan dengan berbagai aktivitas yang cenderung monoton. Membaca bisa menjadi jawaban mengatasi kejenuhan. Bagi mahasiswa, perluas bahan-bahan bacaan yang mengasyikkan di luar referensi kuliah. Ia pun membagikan tips dan trik sederhana untuk membangun kebiasaan membaca, terutama dalam situasi pandemi seperti ini.

Mulailah dengan subjek favorit

Ini penting, karena jika dari awal kamu tidak suka membaca tentunya kamu tidak akan bisa menyelesaikan membaca buku itu. Temukan beberapa topik yang menjadi minatmu.

Buatlah dirimu nyaman

Cobalah cari tempat yang benar-benar membuatmu senang membaca sesuatu. Jika kamu suka nongkrong di cafe untuk membaca atau hanya tinggal di kamar sembari mendengarkan musik saat membaca, itu juga merupakan pilihan yang bagus. Semuanya tergantung seberapa nyaman kamu dalam situasi itu untuk membaca.

Bacalah buku yang lebih tipis saat memulai

Untuk kamu yang belum pernah membaca sebelumnya, cobalah cara ini untuk memulai membaca. Ini dapat membantumu untuk lebih memahami dari apa yang telah kamu baca.

Target perhari

Ini juga bisa menjadi salah satu strategi untuk menciptakan kebiasaan membaca dengan membuat sesuatu seperti target membaca. Jadi, kamu akan terbiasa setiap hari.

Mengatur waktu untuk membaca

Kebiasaan membaca bukan berarti selalu membaca setiap saat dan setiap hari. Kamu juga harus mengatur waktu yang tepat untuk membaca.

Bawalah buku-buku ketika berpergian

Jadikanlah hal ini menjadi salah satu kebiasaanmu. Saat kamu pergi ke mana pun yang cocok untuk membaca buku, bawa saja. Ini akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

Selanjutnya, ia memberi saran bahwa membaca buku secara acak dan tidak teratur sebaiknya dihindari. Tidak konsisten dalam membaca terkadang membawa kita gagal dalam menyelesaikan bacaan. “Mempelajari cara mengembangkan kebiasaan membaca adalah investasi waktu yang bagus. Kebanyakan orang sukses mengakui bagaimana kebiasaan membaca mereka menambah nilai sepanjang karir mereka. Yang kamu butuhkan hanyalah kemauan untuk memulai”, pungkas Irvan. (FNJ/ESP)