Meningkatkan Kemandirian Melalui Digital Marketing

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri UII mengadakan workshop Digital Marketing pada Minggu (6/5) di Gedung KH. Mas Mansur UII. Materi yang disampaikan dalam workshop yakni Strategi Digital Marketing oleh Kholid Haryono, ST., M.Kom dan Teknik Fotografi oleh Mukhammad Andri Setiawan, ST., M.Sc., Ph.D.

Penyelenggaraan workshop ini merupakan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat melalui sosialisasi terapan teknologi. Peserta yang hadir antara lain oragnisasi Karang Taruna yang berada di desa-desa di wilayah Yogyakarta.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab dosen untuk dapat mengimplementasikan keilmuan dan menerapkan langsung ke masyarakat,” ujar Kholid Haryono yang juga selaku ketua panitia.

Kholid Haryono dalam materinya menjelaskan tentang digital marketing secara umum dan strateginya. Menurutnya terdapat langkah-langkah dalam memulai usaha yang berbasis digital serta apa saja tips yang bisa digunakan dalam melewati kendala berbisnis melalui media digital.

Materi kedua disampaikan Mukhammad Andri Setiawan mengenai fotografi, yakni teknik yang dapat digunakan dalam membuat sebuah produk sehingga memiliki tampilan menarik melalui foto. Serta penggunaan berbagai aplikasi penunjang pengeditan gambar dalam pemasaran produk.

Digital marketing diangkat karena Masyarakat Ekonomi ASEAN yang menjadi pasar Asia Tenggara sudah terbuka, dan menjadi momentum untuk bisa bersaing dan berpindah ke era digital dalam mengembangkan perusahaan atau pemasaran masyarakat.

Disampaikan Kholid Haryono, workshop digelar dengan harapan dapat menciptakan kemandirian masyarakat, karena era ini bukan lagi ke perusahaan namun mengarah ke individu. Dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat menggunakan peluang-peluang digital dan bersaing dengan perusahaan luar yang sudah menggunakan tekonologi digital. (GT/RS)