Jalannya sebuah organisasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan kepemimpinan, tak terkecuali organisasi besar seperti universitas. Dalam upaya meningkatkan kualitas kepemimpinan di lingkungan kampus, Direktorat Sumber Daya Manusia (DSDM) UII mengadakan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pejabat Struktural. Bertempat di Mataram International Convention Center Alana Hotel pada 8-9 Desember 2018, pelatihan ini diikuti pimpinan di tingkat universitas hingga program studi di lingkungan UII.

Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D, selaku rektor UII menyampaikan bahwa sebaik-baiknya kepemimpinan dapat berkaca dari apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para nabi. Pola pikir yang tidak mementingkan salah satu kaum hingga kemampuan menggandeng pengikutnya menuju satu tujuan yang sama dapat dijadikan contoh. “Sangat penting bagi kita memiliki kemampuan leadership yang baik. Rasulullah dan para nabi telah memberikan pelajaran tentang kepemimpinan salah satunya melalui menggembala kambing.” ujarnya.

Fathul Wahid menambahkan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar UII untuk terus menjadi salah satu perguruan tinggi yang terbaik. Menurutnya, kualitas sumber daya manusia yang baik tentu saja akan memberikan dampak positif bagi perkembangan institusi pendidikan dalam mencetak generasi penerus yang mumpuni. “Semoga apa yang hari ini kita dapatkan dapat meningkatkan kemampuan kita dalam bekerja,” pungkasnya.

Drs. Suwarsono Muhammad, M.A selaku Ketua Badan Wakaf UII mengatakan dalam sambutannya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik maka terlebih dahulu kita menjadi pengikut yang baik pula. Hal ini perlu diperhatikan pimpinan baik di tingkat fakultas maupun universitas. “Berawal dari menjadi pengikut yang baik kita dapat mengambil tindakan dalam mengambil keputusan ketika sudah menjadi seorang pemimpin,” pungkasnya. (ENI/ESP)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *