Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UII (HMTF) mengadakan Workshop FTALK (Female Week) yang bertemakan “Female Contributes for Empowering Technology” pada Sabtu (7/9) di Umpama Cafe. Workshop ini menghadirkan Anne Regina Toar sebagai Engineering Manager Bukalapak dan Khafifah Masnur dari Krafthaus Indonesia sebagai pemateri. Peserta workshop merupakan para perempuan yang punya ketertarikan tinggi pada bidang teknologi.

Menurut Assyifa Narulita selaku ketua acara, tujuan diadakannya workshop ini adalah agar menambah kepercayaan diri para perempuan di Prodi Teknik Informatika terhadap kemampuan diri sendiri dan lebih termotivasi.

Dikatakan oleh Khafifah Masnur yang juga merupakan alumni Teknik Informatika UII 2017 bahwa peran perempuan dalam dunia teknologi sangatlah penting.

“Di Krafthaus sendiri lead developer dan lead data entrynya adalah perempuan dan membawahi 4 anak buah di mana semuanya adalah laki-laki. Jadi sebagai perempuan kita jangan minder dan takut akan potensi kita apakah mumpuni atau tidak.”

“Perempuan bisa berkecimpung di dunia IT tetapi harus mempersiapkan bekal-bekalnya dengan baik contohnya adalah pengalaman. Kalian bisa mencari pengalaman dari magang, organisasi, kompetisi atau conference. Pokoknya gunakan waktu kuliah kalian sebaik mungkin dan maksimalkan setiap kesempatan yang kalian dapat.” ungkapnya.

Anne juga memberikan tipsnya agar perempuan tidak merasa minder dengan kemampuan diri sendiri. “Harus percaya bahwa kita itu lebih dari yang kita pikirkan.”

Berdasarkan Harvard Business Review bahwa perempuan memiliki nilai 10/10 dari persyaratan yang dibutuhkan di dalam dunia kerja, sedangkan laki-laki memiliki 6/10 dari kriteria yang ditetapkan. Maksudnya adalah perempuan sebenarnya sudah memiliki kemampuan yang sangat mumpuni dalam dunia kerja hanya saja kebanyakan dari mereka masih merasa tidak percaya diri.

Selain itu, tidak sedikit yang merasa kemampuannya belum mencukupi kriteria yang dibutuhkan sedangkan laki-laki cenderung lebih unggul karena tingkat percaya dirinya yang lebih kuat dibandingkan perempuan.

“Pokoknya fokus dan terus mencoba hal baru supaya kita banyak pengalaman.” pungkasnya. (DRD/ESP)