Kualitas pendidikan semakin meningkat dengan adanya program studi dan fasilitas yang berstandar internasional. Prodi Arsitektur UII merupakan salah satu prodi yang sudah terakreditasi internasional Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) dan memiliki Program Internasional (IP).

Mempertegas komitmen tersebut, Prodi Arsitektur UII membuka dua ruang kelas baru Program Internasional. Peresmian dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Miftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D., pada Rabu (13/3), dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan Arsitektur Noor Cholis Idham, S.T., M.Arch., Ph.D.

Dr.-Ing. Putu Ayu Pramanasari Agustiananda, ST, MA, selaku Sekprodi Arsitektur Program Internasional mengatakan bahwa peningkatan kualitas ruang kelas merupakan urgensi mengingat Jurusan Arsitektur telah memiliki dua angkatan Program Internasional. Ia menuturkan kelebihan dari dua ruang kelas IP ini dibandingkan kelas-kelas reguler lainnya ada pada desain dan kelengkapan ruang.

Disampaikan Putu Ayu Pramanasari, sebagai working space, kedua kelas yang masing-masing berkapasitas 32 mahasiswa ini dilengkapi dengan meja individu dan kursi putar agar ergonomis. Dinding kelas juga dilengkapi dengan papan tempel karya mahasiswa.

Tiga macam pencahayaan yang diaplikasikan, seperti pada dinding digunakan untuk menyorot karya-karya, pada langit-langit yang digunakan pada saat diskusi, serta pencahayaan tidak langsung ketika dosen menyampaikan materi via projektor. “Kelebihan lainnya adalah penghawaan buatan serta desain interior modern yang ‘bersih’ dan minimalis,” ujar Putu Ayu Pramanasari.

Ia menambahkan, kurikulum pembelajaran yang digunakan sama dengan program reguler, namun dalam program ini pembelajaran disampaikan dengan Bahasa Inggris secara penuh. “Target jangka panjang Jurusan Arsitektur adalah seluruh program studi yang ada menjadi Program Internasional guna menjawab tantangan global,” pungkasnya.