Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Syawalan dan Pelepasan Jamaah Calon Haji Tahun 1440 H, yang sekaligus menandai berakhirnya masa libur Idulfitri 1440 H. Momen silaturahmi yang berlangsung di Auditorium Prof. KH. Abdulkahar Mudzakkir, pada Kamis (13/6), dihadiri para dosen, tenaga kependidikan, perwakilan lembaga mahasiswa, Ikatan Keluarga Ibu-Ibu UII, satpam, pensiunan serta sejumlah perwakilan dari instansi mitra UII.

Rektor UII, Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. mengawali sambutannya mengutip ayat Al-Quran bahwa ciri orang yang bertakwa merupakan misi akhir dari pada puasa di bulan Ramadan. Fathul Wahid menyebutkan, di antara ciri ketakwaan seseorang yaitu dermawan, penyabar, pemaaf, menepati janji, dan senantiasa memohon ampun kepada Allah.

“Takwa tidak bersifat kadang-kadang. Takwa tidak terbatas waktu dan ruang. Takwa adalah ikhtiar sepanjang hayat, selama nyawa masih melekat dan nafas belum tersedat. Takwa dilakukan di mana pun kita berada,” tandas Fathul Wahid.

Tidak lupa, Fathul Wahid juga menyampaikan kepada segenap hadirin agar menjadikan syawalan sebagai momen untuk menemukan kembali fitrah yang ada dalam diri. Mewakili segenap manajemen, Fathul Wahid juga menyampaikan ucapan selamat Idulfitri, serta meminta para hadirin untuk saling memaafkan.

“Ijinkan kami mengucapkan selamat Idulfitri dan mengajak semua hadirin untuk saling memaafkan atas semua khilaf. Semoga, hal ini dicatat sebagai salah satu ikhtiar untuk kembali kepada fitrah kita,” tutur Fathul Wahid.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. dalam ceramahnya memaparkan bahwa Islam merupakan agama yang paling berorientasi pada masa depan. Senada dengan Rektor UII, K.H. Yudian Wahyudi juga menyampaikan kepada para hadirin untuk senantiasa memohon pertolongan Allah, dengan sabar dan salat. Ia juga menyerukan untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan.

Seperti halnya pada penyelenggaraan Syawalan di tahun sebelumnya, UII kembali melepas calon jamaah haji untuk tahun 1440 H. Pada kesempatan ini, sebanyak 24 calon jamaah haji UII menerima ucapan selamat dan cinderamata dari Rektor UII dan Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. (D/RS)