,

UII Gelar Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2016/2017

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar prosesi wisuda pada jenjang Magister, Sarjana dan Ahli Madya untuk Periode IV Tahun Akademik (TA) 2016/2017 di Auditorium Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakkir pada Sabtu (22/4). Wisuda pada hari ini diikuti oleh 1.020 wisudawan/wisudawati yang terdiri dari 34 orang dari Program Diploma (D3), 805 orang dari Program Strata Satu (S1), dan 181 orang wisudawan/wisudawati dari Program Magister. Dari jumlah tersebut, 321 orang berhasil meraih predikat cumlaude.

Indek Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi pada Program Strata Satu, 3,99 (tiga koma sembilan puluh sembilan) berhasil diraih oleh Wilda Ramadhani, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Program Studi Ekonomi Pembangunan. Sementara waktu tempuh studi tercepat S1 yaitu 3 Tahun 4 Bulan yang diraih oleh 4 orang wisudawan. Dengan wisuda kali ini, jumlah lulusan UII telah berjumlah 86.048 orang.

Turut hadir dalam pelaksanaan wisuda UII kali ini, perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII, Kordinator kopertis wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA, serta alumni UII Faisal Ahmad yang saat ini menjabat sebagai Direktur PT. Balikpapan Environmental Services (BES).

Rektor UII Nandang Sutrisno, SH, LLM, M.Hum, Ph.D, dalam sambutannya berpesan kepada wisudawan/wisudawati, bahwa pasca menyelesaikan studi tantangan sesungguhnya akan dihadapi ketika mereka telah terjun di tengah masyarakat.

“Untuk mempercepat proses belajar di masyarakat, sekaligus mengintegrasikan gerak langkah guna membawa nama baik universitas, kami berharap wisudawan/wisudawati dapt bergabung dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII”, terangnya.

Rektor juga menyampaikan bahwa di tahun ini UII kembali merayakan Milad ke-74 yang akan diperingati pada 25 April 2017. “Kita semua bersyukur, karena hingga umur 74 tahun ini, UII masih dapat eksis mengabdikan diri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut berperan aktif dalam pembangunan negara”, ujarnya. Kontribusi UII terangkum dalam tema yang diangkat dalam Milad UII kali ini, “UII Membangun Bumi Pertiwi”.

Sekelumit Pesan dari Wakil Alumni UII, Faisal Ahmad

Sementara itu wakil alumni UII yang mendapat kesempatan berorasi, Faisal Ahmad menceritakan pengalamannya belajar di UII kepada wisudawan/wisudawati. Alumni Prodi Teknik Manajemen Industri FTI UII Angkatan 1996 itu berkisah bahwa belajar di UII telah memberinya banyak ilmu dan pembelajaran, baik secara personality, responsibility, maupun emphaty.

“Kita harus membangun karakter diri yang kuat, mau belajar dan mengembangkan diri, mencari ilmu untuk menjadi pribadi yang terpercaya dan menangkap setiap peluang yang ada, tidak mudah pesimis dan optimalkan segenap kemampuan kita. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha”, pesannya.

Bidang kerja yang digelutinya kini adalah jasa pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dan limbah industri. Pria kelahiran Tarakan itu juga menawarkan dua kunci sukses bagi wisudawan/wisudawati yang ingin membangun suatu usaha.

“Usaha itu harus menjadi problem solving dan harus memiliki nilai lebih serta keunikan dibandingkan dengan yang lain. Kunci agar suatu usaha dapat terus tumbuh berkembang adalah dengan memiliki Great System dan Great People”, pungkasnya.