Olahraga kini menjadi kebutuhan setiap orang. Namun demikian kesibukan yang kian menyita waktu sering membuat orang malas berolahraga. Untuk itu diperlukan alat olahraga yang dapat menjawab kebutuhan itu. Tim mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang diketuai oleh Zakka Ugih Rizqi (Teknik Industri 2016), beranggotakan M. Farras Raihan Al-Ayyubi (Teknik Industri 2016) dan Musaddad Alfani (Teknik Industri 2017) mencoba menjawab tantangan itu. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kategori Karsa Cipta tahun 2019 tersebut menciptakan sebuah alat inovatif yang disebut GYM ATOM “Gym Machine with Artificial Trainer and Automatic Load Modifier”.

Disampaikan Zakka Ugih Rizqi, ide ini berawal dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya berolahraga. Tim yang dibimbing Andrie Pasca Hendradewa., S.T., MT., mendesain alat tersebut guna mendorong masyarakat untuk memelihara kesehatan dengan cara berolahraga khususnya latihan beban.

“Saat ini, semakin banyak orang yang ingin berolahraga latihan beban. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya pusat-pusat kebugaran (gym center) di dunia secara signifikan tiap tahunnya”, imbuhnya. Sayangnya tidak semua masyarakat dapat dengan mudah mengakses tempat seperti gym center.

Guna semakin memudahkan masyarakat berolahraga, diperkenalkanlah konsep gym machine all in one di mana semua otot (biseps, trisep, perut, dada, kaki, punggung dan bahu) dapat dilatih hanya dengan 1 alat. Tidak hanya minimalis, alat pun bisa diletakkan di rumah. “Alat ini juga dilengkapi fitur pelatih buatan yang membantu latihan beban menjadi lebih terarah serta fitur pengubah beban otomatis yang berbasis internet of things sehingga menjadikannya lebih praktis dan efektif”, jelasnya.

Cara kerja alat ini pun cukup menarik. Pengguna alat tersebut dapat mengubah beban yang diinginkan cukup dengan mengeluarkan suara. Misalnya pengguna berkata change the weight to 5 kg!, maka suara pengguna tersebut akan ditangkap dan diproses sehingga beban menjadi 5kg. Program pelatih virtual juga dapat memberi info apabila latihan telah memenuhi target. Hal ini dimungkinkan karena alat dilengkapi komponen canggih yang ada di dalamnya.

Mereka berharap, GYM ATOM dapat memberikan solusi alternatif dan inovatif bagi masyarakat yang ingin melakukan olahraga di rumah khususnya latihan beban. “Hadirnya GYM ATOM diharapkan mampu mendorong masyarakat dalam memelihara kesehatan dengan cara berolahraga sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan kuat secara jasmani”, pungkasnya.