Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan GroundBreaking Pembangunan Gedung Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) yang bertempat di sisi timur Gedung D3 Ekonomi pada Jumat (01/06) pada pukul 13.00 WIB. Acara ini melibatkan seluruh civitas akademika UII mulai Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Dr. Ir. Luthfi Hasan, M.S, Rektor UII Fathul Wahid ST. M.Sc. Ph.D. beserta jajaran wakil rektor periode 2018-2022, Rektor UII dan Wakil Rektor UII periode 2014-2018, beserta pimpinan fakultas dan prodi.

Rektor UII, Fathul Wahid mengungkapkan Groundbreaking ini merupakan suatu kenikmatan yang besar karena sivitas akademika FIAI UII akan memiliki gedung baru yang lengkap fasilitasnya. Kemudian ia mengungkapkan jika melacak dari sejarah UII yang didirikan ketika di Jakarta tahun 1945, sejak awal UII dibangun di atas kualitas dengan dosen-dosen pengajar di bidangnya.

Ia juga menambahkan di UII sejak awal, pendidikan dan pengajaran Islam menjadi fokus. Ia berharap dengan pembangunan gedung FIAI ini dapat meningkatkan kualitas pengajaran Islam yang lebih baik lagi khususnya di lingkungan UII. “Pengajaran agama Islam itu sangat penting. Insyaaallah pendirian gedung FIAI ini menjadi momentum atau awal yang baik untuk kembali berjayanya pendidikan agama Islam di UII” ungkapnya.

Sementara Ketua Yayasan Badan Wakaf UII, Dr. Ir. Luthfi Hasan, M.S. mengungkapkan pembangunan gedung FIAI diawali dengan hasil perencanaan master plan hingga akhirnya gedung FIAI ditetapkan berdiri sendiri dan didirikan dekat dengan Masjid Ulil Albab. “Hasil perencanaan itu memutuskan akhirnya FIAI bediri sendiri dan prinsip saya FIAI paling pas di dekat masjid” imbuhnya.

Gedung FIAI akan dibangun tujuh lantai dengan dua lantai di bawah tanah dan lima lantai di atas tanah. Perencana pembangunan semuanya terkait arsitektur, penghitungan struktur, dan mekanik kelistrikan melibatkan dari internal UII dengan luas gedung mendekati 14.000 m2. Adapun dana Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang dihitung oleh perencana untuk pembangunan gedung FIAI ditaksir sekitar Rp. 65 Miliyar.

Gedung FIAI akan mulai dibangun setelah Idul Fitri sembari menunggu pembangunan lahan parkir di sebelah timur lapangan sepak bola selesai. Puncak acara ditandai dengan pemasangan batu-bata oleh Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Dr. Ir. Luthfi Hasan, M.S.

Kemudian acara ditutup dengan doa oleh Drs. Sunardi Syahuri yang merupakan alumni dari Fakultas Syariah UII dengan harapan gedung FIAI menjadi gedung yang penuh berkah serta bisa menjadikan para sarjana yang baik dan selalu taat kepada Allah. (AR/ESP)