Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Humerus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII) mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBBMKI) VI. Kegiatan ini diadakan oleh TBMM Coronarius Universitas Malahayati pada tanggal 8-10 Januari 2021 secara daring melalui aplikasi zoom. Dalam Rakernas tersebut, TBMM Humerus FK UII mengirimkan 7 delegasi, 5 anggota Badan Pengurus Pusat (BPP), dan 3 anggota Badan Pengurus Wilayah (BPW).

RAKERNAS merupakan kegiatan Nasional PTBBMKI untuk membahas rangkaian program kerja yang akan dijalankan selama satu periode kepengurusan. Fokus pada tahun ini adalah mengenai peran PTBMMKI terhadap adanya pandemi Covid-19, yaitu berupa bantuan materi dan sumber daya manusia (SDM). Bantuan materi ditujukan kepada tenaga kesehatan dan daerah yang terdampak. Meski untuk pertama kalinya dilakukan secara daring, namun diharapkan tujuan dan esensi RAKERNAS tidak berkurang sama sekali.

“Saya harap para delegasi mendapatkan pengalaman yang sangat bermanfaat karena kegiatan ini merupakan bentuk program kerja dari badan birokrasi yang bersifat nasional yaitu PTBMMKI. Semoga pengalaman tersebut nantinya dapat dituangkan kepada Keluarga Mahasiswa (KM) FKUII termasuk TBMM Humerus sendiri”, pesan Joddy Malfica, Ketua TBMM Humerus.

Sementara itu, Adimas Mara Rivellino, anggota baru Humerus menyampaikan, “Mengikuti kegiatan RAKERNAS membuat saya mengenal PTBMMKI sedini mungkin. Saya mendapat teman dan sudut pandang baru. Saya harap kedepannya dapat turut andil sebagai BPP atau BPW agar dapat membawa nama baik Humerus,” ujarnya. Sementara untuk delegasi untuk tahun ini sebagian besar berasal dari angkatan TBMM Humerus XVI.

Disampaikan juga oleh Jerriulloh angkatan XV bahwa tahun ini UII akan melaksanakan tender Latihan Gabungan Wilayah yang tahun lalu sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19. (UAH/ESP)