Dunia industri tengah memasuki era baru yang disebut Revolusi Industri 4.0. Era ini berdampak ke berbagai bidang tak terkecuali jurnalisme. Perubahan yang semakin tahun semakin terlihat nyata, harus pula diikuti dengan kesiapan seorang jurnalis dalam penyampaian berita yang semakin aktual. Dalam upaya peningkatan kesiapan tersebut, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Himmah Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan acara Diskusi dan Launching Website bertemakan “Revolusi industry 4.0: Kemana Jurnalisme Akan Dibawa?” pada Minggu, (08/07) bertempat di Gedung Dr. Sardjito Universitas Islam Indonesia (UII).

Diskusi sesi pertama menghadirkan Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D selaku Rektor UII yang juga aktif menulis di berbagai media. Pada kesempatan tersebut, beliau membeberkan bagaimana seorang jurnalis harus menghadapi era yang semakin modern ini. “Saya sering diminta oleh beberapa media untuk menulis. Saya menulis dimana pun dan kapan pun. Saya menulis di mobil pernah. Bahkan, saya pernah menulis saat ada kelas” jelasnya.

“Zaman sekarang, semua serba cepat, itu merupakan peluang bagi para jurnalis karena penyebaran berita pastinya lebih cepat. Berita akan lebih bernilai ketika sudah disebarkan sehingga jurnalis sekarang ini perlu meningkatkan aktualitasnya supaya tidak ketinggalan zaman beritanya.” Lanjutnya.

Beliau menambahkan, mahasiswa jangan hanya mengkritik internal kampus tapi juga harus lebih aktif mengkritik eksternal. “Untuk masalah kampus, silakan diskusikan dengan saya. Mahasiswa juga perlu lebih sering mengkritik eksternal kampus. Mengkritik Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai contoh. Mengkritik external pastinya akan lebih menjadi peluang bagi mahasiswa” Tuturnya. Fathul Wahid menutup diskusi sesi pertama dengan meresmikan website baru milik LPM Himmah UII yaitu www.himmahonline.id.

Usai diresmikan, Nurcholis Ma’arif selaku Pemimpin Redaksi LPM Himmah UII menjelaskan mengenai perbedaan apa saja yang ditawarkan oleh website baru milik Lembaga Khusus di tingkat universitas ini. “Berbeda dengan website sebelumnya, website yang sekarang ini memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi. Selain itu, menggunakan teknologi yang lebih terbarukan sehingga masih relevan untuk digunakan hingga 2-5 tahun kemudian” Jelasnya.

LPM Himmah UII terus berupaya untuk mengoptimalkan kinerja dari website tersebut agar mudah diakses di mana pun. “Website baru ini akan mendukung aktivitas-aktivitas kelembagaan seperti kesekretariatan dan akan lebih mudah mewadahi suara mahasiswa. Kami juga sedang mengusahakan ke depannya agar website LPM Himmah UII ini bisa diunduh di playstore sehingga akan lebih mudah diaksesnya.” Tuturnya.

Acara ditutup dengan diskusi sesi kedua yang diisi oleh Yusra M. Santoso yang merupakan seorang Pimpinan Redaksi Beitagar.id. Beliau menpresentasikan tentang elemen-elemen apa saja yang diperlukan oleh seorang jurnalis. (NIQ/ESP)