UII Hadir di Jabar Education Fair 2017

Tingginya minat masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi yang berkualitas saat ini menjadi tren sekaligus kebutuhan yang tak terelakkan. Selain penting bagi pembelajaran, pendidikan tinggi berkualitas juga menjadi pintu gerbang untuk meraih kesuksesan di masa depan. Hal inilah yang juga direspon oleh Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai salah satu perguruan tinggi swasta unggulan di tanah air.

Untuk menjawab rasa ingin tahu masyarakat khususnya para pelajar Jawa Barat tentang pendidikan tinggi, UII turut hadir dalam pameran pendidikan bertajuk Jabar Education Fair 2017 yang digelar di Bikasoga Sport Center pada 18-20 April 2017. Dalam kesempatan ini Wakil Rektor II UII, Dr. Drs. Nur Feriyanto, M.Si., secara lansung hadir memberikan penjelasan kepada para pelajar tingkat SMA yang mengunjungi stan UII. “Para pelajar di Bandung atau Jawa Barat pada umumnya mempunyai potensi yang cukup baik. Sejauh ini mahasiswa UII yang berasal dari wilayah ini pun jumlahnya cukup tinggi,” ujar Nur Feriyanto.

Sementara disampaikan, Kepala Divisi Pemasaran dan Admisi UII, Galang Prihadi Mahardika, M.Kom. hadirnya UII dalam pameran tersebut sekaligus ingin menyampaikan informasi tentang UII dan perannya di masyarakat selama ini. Dituturkan Galang, mahasiswa UII terus mencetak prestasi yang mengharumkan nama bangsa di kancah global. “Kiranya raihan prestasi ini dapat menjadi pertimbangan dalam memilih tempat menempuh studi,” ungkapnya.

Di samping itu sebagaimana disampaikan Galang, UII juga aktif dalam melakukan berbagai kegiatan pengabdian yang dilandasi semangat untuk membangun kualitas masyarakat khususnya generasi muda. Beberapa prestasi di yang berhasil ditorehkan oleh mahasiswa UII akhir-akhir ini, di antaranya yakni meraih Juara 3 Lomba Debat Bahasa Arab dan Juara 2 Lomba Pidato Dwi Bahasa (Arab dan Inggris) dalam Kompetisi Bahasa Arab dan Inggris Tingkat ASEAN di Fakulti Pengajian Quran dan Sunnah (FPQS), Universiti Sains Islam Malaysia(USIM).

Sementara secara institusi menurut Galang UII juga meraih predikat sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik tingkat nasional berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi (HPKPPT) 2013-2015 dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Raihan prestasi tersebut menurutnya dapat menjadi gambaran kualitas kegiatan akademik yang berlangsung di UII. “Masyarakat tidak perlu ragu karena UII selalu berusaha mendorong sivitas akademika untuk menjadi yang terbaik lewat sistem pembelajaran yang kondusif,” ujarnya.

Adapun hal yang mendorong UII hadir untuk menyapa pelajar di Bandung, bahwa pada dasarnya Bandung memiliki beberapa kemiripan karakter dengan Yogyakarta, tempat UII berada. “Bandung dikenal sebagai kota kreatif, kota dengan kultur budaya yang kuat, serta mampu menghadirkan iklim yang baik untuk menunjang proses pembelajaran. Ini alasan kami memilih hadir di Bandung,” ungkapnya.

UII Hadir dengan Stan Unik

Satu hal menarik dari gelaran Jabar Education Fair 2017 adalah keberadaan stan UII yang cukup menyita perhatian pengunjung. Tidak seperti stan kebanyakan yang cenderung konvensional, UII justru menampilkan stan unik dengan informasi yang ditampilkan melalui media visual dalam bentuk digital. Informasi berupa prestasi mahasiswa, keunggulan masing-masing program studi, maupun fakultas-fakultas di UII tampil dengan interaktif melalui panel-panel televisi layar datar. Pengunjung dapat melihat dan mengakses informasi tersebut dengan mudah.

“Memang kami desain seperti itu agar pengunjung lebih tertarik dan tidak bosan. Harapannya penyampaian informasi kami dapat dikemas dengan lebih menarik dan kreatif,” imbuhnya. Hal ini menurut Galang sejalan dengan tujuan pameran yakni sebagai ajang apresiasi prestasi dan kreativitas para pelajar.