Penanaman 3500 Bibit Pohon Tegaskan Tema Milad Ke-74 ‘UII Membangun Bumi Pertiwi’

Universitas Islam Indonesia (UII) menegaskan tema Milad Ke – 74 ‘UII Membangun Bumi Pertiwi’ dengan menggelar kegiatan penanaman 3.500 bibit pohon, salah satunya adalah di Dusun Turgo, Purwobinangun, Pakem Sleman, pada Rabu (19/04).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII Dr.-Ing. Ir. Widodo Brontowiyono, M.Sc., Ketua Panitia Milad Ke-74 UII yang juga sekaligus menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Sain dan Teknologi Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PST DPPM) UII Dr. Yulianto Purwono Prihatmadji, S.T., M.T., Perwakilan pengurus dari Desa Purwobinangun, dan beberapa dosen serta karyawan dari UII.

Dalam sambutannya, Yulianto menyampaikan bahwa UII tidak hanya pertama kali ini menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa Purwobinangun. Sebelumnya UII juga pernah menjalin kerjasama terkait dengan penanaman pohon bambu pada tahun 2016 lalu. Penanaman bibit pohon kali ini diharapkan dapat memberikan pelajaran bagi penduduk sekitar untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan.

“Apalagi saat ini kita juga kejar-kejaran dengan penambangan pasir illegal yang sebagian besar merusak lingkungan, dengan adanya penanaman bibit pohon harapannya dapat menjaga kelestarian lingkungan, hal itu senada dengan visi UII sebagai rahmatan lil alamin”, pungkasnya.

Sementara itu perwakilan Desa Purwobinangun juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, kedepan diharapkan kerjasama UII dengan desa Purwobinangun dapat meningkat semakin intens.  “Kerjasama yang dimaksud meliputi pengabdian masyarakat, penelitian, KKN, dan juga pengembangan desa wisata bambu yang saat ini sedang dikonsep oleh Pak Yulianto sendiri,” imbuhnya.