UII Juara Satu Lomba PCTA Yogyakarta

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) tampil sebagai Juara 1 (satu) Lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2017 Tingkat Regional Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Delegasi tersebut diwakili oleh mahasiswa Fakultas Hukum UII, yakni Irwan Hafid (2014) dan Syahdan Dwi Rahmatulloh (2015). Acara diselenggarakan pada Rabu (9/8) yang bertempat di Unit IX, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh pelajar tingkat SLTA dan mahasiswa se-DIY. Dengan mengusung tema “Dengan Semangat Bela Negara, Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme, dan Pengaruh Negatif Media serta Bahaya Narkoba”. Hal tersebut merupakan salah satu upaya agar generasi muda semakin menanamkan karakter kebangsaan, cinta tanah air, serta semangat patriotisme terhadap Indonesia.
Edi Santoso, S.Sos., selaku pejabat pelaksana tugas pokok Kementerian Pertahanan DIY menyampaikan bahwa kesadaran bela negara merupakan salah satu upaya dalam membangun karakter bangsa.

“Kegiatan semacam PCTA ini sangatlah penting untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan memupuk semangat bela negara, seperti cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, dan pancasila sebagai dasar negara”, tuturnya.

Sementara Irwan Hafid menyatakan sangat bersyukur karena dengan persiapan dan waktu yang sangat terbatas bisa membawa nama baik almamater UII untuk terus berkiprah dan berprestasi.
“Kita mempersiapkan semuanya dengan segala kemampuan dan keterbatasan, namun alhamdulillah dengan usaha dan doa kami dapat melaluinya”, paparnya.

Ditambahkan Syahdan Dwi Rahamtulloh bahwa hasil yang dicapai saat ini bukanlah akhir dari perjuangan untuk membanggakan diri, namun merupakan langkah awal untuk selalu belajar menghargai proses yang lebih baik kedepannya.
“Hasil yang kami dapatkan saat ini belum bersifat final, masih ada tahapan berikutnya yakni diskusi PCTA tingkat nasional, semoga kedepannya bisa tampil lebih baik lagi”, pungkasnya.

Setelah melewati berbagai tahap perlombaan di tingkat provinsi, delegasi tersebut akan berangkat ke Jakarta mewakili Provinsi DIY dalam Lomba Diskusi PCTA Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia pada awal bulan September 2017. (IHD)