Sivitas akademika Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Kali ini prestasi berhasil dicapai oleh mahasiswa akuntansi FE UII pada ajang Kompetisi AIC (Airlangga Ideas Competition) 7th di Universitas Airlangga pada 3-5 November 2017.

Mahasiswa UII yang terdiri dari Asep Setiawan (2014), Siti Aisyah (2014), dan Galih Devi Saptarini 2014 berhasil meraih peringkat empat dan juara favorit. Kompetisi yang digelar oleh UKM Penalaran Universitas Airlangga ini diikuti oleh berbagai universitas  di Indonesia. Para finalis berasal dari UII, ITS, IPB, UNS, Unhas Makassar, Unmuh Makassar, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga dan Universitas Pembangunan Jaya Jakarta. Banyaknya peserta membuat kompetisi ini berlangsung sengit.

Galih Devi Saptarini, salah satu anggota team dari UII menceritakan, “Pada mulanya, kami mengikuti seleksi online dengan mengumpulkan full paper karya tulis ilmiah dari kelompok kami yang mengusung tema pendanaan berbasis financial technology bagi UMKM di Kabupaten Bantul. Lalu, kami terpilih menjadi 10 finalis dari total karya tulis yang masuk, dan diundang ke Universitas Airlangga untuk melakukan tahap presentasi dan pameran karya”.

“Pada acara AIC 7 kami meraih peringkat 4 dan juara favorit. Juara favorit ditentukan oleh dewan juri sebesar 70% dengan aspek karya dengan kebermanfaatan, keunikan, dan keberlanjutan terbaik. Serta tambahan penilaian 30% dari peserta lain, peserta seminar nasional, dan tamu undangan” Jelas Galih.

Menurutnya banyak pengalaman yang dapat dipetik dari mengikuti berbagai kompetisi yang ada di kampus. Oleh karenanya, ia berharap kepada rekan rekan mahasiswa untuk terus mengembangkan kemampuan dan pengalaman dengan mengikuti berbagai kompetisi pada kesempatan yang ada.

Selain itu, setelah berakhirnya kompetisi Galih berharap semoga ke depannya bisa terus mengembangkan ide dan terus berprestasi. Ide yang telah diusung harapannya bisa diimplementasikan dengan sebaik-baiknya sehinga dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan maupun masyarakat. (BDY)