Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. meresmikan Kantor Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh yang berlokasi di Gedung Bookstore, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang Km. 14,5, Sleman, pada Senin (10/12). Keberadaan kantor ini mempertegas komitmen UII untuk mencetak wirausahawan muda yang memiliki kelebihan dalam inovasi bisnis dan profesionalisme, serta mampu berkontribusi dalam pembangunan ekonomi bangsa.

Disampaikan Fathul Wahid kepedulian UII terhadap bidang pengembangan kewirausahaan dan juga UMKM sudah dimulai cukup lama. Hingga saat ini UII juga telah memiliki desa binaan untuk mengembangkan wirausaha dan UMKM. “Mulai periode 2018 ini, UII membentuk Direktorat baru yang bernama Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan atau Simpul Tumbuh,” tandasnya.

Lebih lanjut disampaikan Fathul Wahid, pendanaan untuk pengembangan kewirausahaan berasal dari dana hibah Uni Eropa, ERASMUS Plus & GITA Project (Growing Indonesia a Triangular Approach) yang diimplementasikan dengan nama The Growth Hub. ”The Growth Hub meliputi tiga hal, Pertama, Enterprise Creation yang merupakan salah satu kegiatan menciptakan usaha baru yang pernah juga dilakukan oleh UII namun dengan nama Inkubator Bisnis Mahasiswa (IBISMA),” paparnya.

Berikutnya yang Kedua, Business University Collaboration atau membangun aliansi strategis antara Universitas dengan mitra industi, pemerintah dan lain sebagainya. Karena dengan dilakukannya kolaborasi ini akan berdampak sinergis. Ketiga, The Curriculum atau pengembangan kurikulum dengan memasukkan kewirausahaan menjadi salah satu mata kuliah yang berisi program pengembangan kesempatan pembelajaran inovatif. “Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa bisa membuat sebuah inovasi, membuat sebuah hal baru dan bisa laku di masyarakat,” ungkap Fathul Wahid.

Sementara disampaikan Direktur Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh, Dr. Ir. Arif Wismadi, M.Sc., Direktorat yang dipimpinnya telah menjalin jejaring nasional dan internasional. Jejaring nasional dengan TRIZ yang dipimpin Dr. Risdiyono, sedangkan jejaring internasional dengan MyTRIZ (Asosiasi Inovasi Malaysia). Dalam Conference and Competition PESTARIZ 2018 di Malaysia pada 30 November 2018, Tim dari UII yang bernama Tim 109 berhasil memperoleh penghargaan dan mendapatkan hadiah sebesar RM 3,000.

Tim109 yang beranggotakan Paryana, Rahmat Riza, dan Arif Wismadi, mensinergikan dua disiplin ilmu yang spesifik, yang seolah sangat berbeda yaitu Industri Perusahaan (Fakultas Teknologi Industri) dan Industri Konstruksi (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan). (RRA/RR)