Tim PPK Ormawa Sinera Universitas Islam Indonesia (UII) terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat melalui inovasi di sektor olahan susu. Melalui program bertajuk “Purwobinangun Dairypreneur Village: Sentra Olahan Susu Terstandar Berbasis Factory Sharing untuk Penguatan Desa Wirausaha”, tim mahasiswa ini menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Bolu Susu, CPPOB, dan SOP Produksi di Desa Purwobinangun pada Minggu (12/10).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program PPK Ormawa 2025 yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Melalui pelatihan tersebut, masyarakat mendapatkan pendampingan dalam meningkatkan keterampilan pembuatan produk olahan susu yang higienis, berkualitas, dan memiliki nilai jual tinggi.

Ketua pelaksana kegiatan, Muiz dari Program Studi Farmasi 2022, menjelaskan bahwa pelatihan CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik) bertujuan untuk memastikan setiap tahapan produksi pangan dilakukan sesuai standar keamanan. “CPPOB ini penting untuk menjaga kualitas dan ketahanan produk. Mulai dari pekerja yang wajib memakai masker dan sarung tangan, hingga pengelolaan ruang produksi yang bersih. Kalau higienitasnya terjaga, masa simpan produk jadi lebih lama dan layak dipasarkan lebih luas,” jelas Muiz.

Selain pelatihan CPPOB, tim juga memperkenalkan pelatihan pembuatan bolu susu sebagai bentuk inovasi produk baru. Ide ini muncul dari diskusi bersama masyarakat yang antusias untuk mengembangkan variasi olahan susu. “Sebelumnya masyarakat sudah membuat stik susu dan susu pasteurisasi. Nah, karena mereka semangat menambah produk, kami adakan pelatihan bolu susu biar ada inovasi baru yang bisa dikembangkan bersama,” tambah Muiz.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Yani, mengaku sangat senang dengan kehadiran mahasiswa UII melalui program ini. Ia merasa mendapatkan banyak keterampilan baru sekaligus pendampingan yang bermanfaat bagi pengembangan usaha. “Saya baru tahu kalau susu bisa dijadikan bolu. Banyak keterampilan baru yang kami pelajari, seperti membuat puding susu, permen susu, stik susu, dan yoghurt. Kami juga diajarkan cara mengelola keuangan dan pemasaran produk. Harapannya kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut supaya kami makin maju dan semangat,” ungkapnya.

Masyarakat peserta kegiatan merupakan bagian dari kelompok Juragan Perempuan Tani, dengan merek lokal Mirimilk, yang selama ini aktif mengembangkan usaha pengolahan susu. Melalui pendampingan tim mahasiswa, kelompok ini kini mulai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) agar produk mereka lebih terjamin mutunya. Pelatihan ini juga mendapat sambutan positif dari masyarakat. Antusiasme peserta menjadi bukti keberhasilan kolaborasi antara mahasiswa dan warga desa dalam mengembangkan potensi ekonomi berbasis kearifan lokal.

Program PPK Ormawa Sinera UII tidak hanya berfokus pada peningkatan kapasitas teknis, tetapi juga pada pembangunan semangat kewirausahaan masyarakat desa. Melalui pendekatan berbasis kolaborasi dan inovasi, mahasiswa berperan sebagai agen perubahan yang membantu masyarakat mewujudkan kemandirian ekonomi. “Kami berharap pelatihan ini bisa menjadi langkah awal untuk memperkuat daya saing produk lokal dan mewujudkan Purwobinangun sebagai desa wirausaha berbasis olahan susu,” tutup Muiz.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, Universitas Islam Indonesia kembali menegaskan perannya sebagai perguruan tinggi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga berkontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat melalui karya dan pengabdian mahasiswa. (DA/AHR/RS)

Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan orientasi bagi mahasiswa penerima Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan The Indonesian Aids Scholarship (TIAS) yang dikoordinasi oleh Kementrian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Kemdiktisaintek), Republik Indonesia pada Rabu (22/10) di Gedung GBPH. Prabuningrat Rektorat Kampus Terpadu UII.  KNB merupakan beasiswa Pemerintah Indonesia bagi mahasiswa dari negara-negara berkembang mitra strategis Indonesia, sedangkan TIAS merupakan program prestisius Pemerintah Republik Indonesia di bawah Grant Provision Program yang dikelola oleh Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) Kementerian Keuangan, Republik Indonesia.

Dua mahasiswa yang mengikuti orientasi hari ini terdiri dari satu mahasiswa KNB asal Nigeria dan satu mahasiswa TIAS asal Kepulauan Solomon yang diterima pada tahun 2025. Secara keseluruhan, pada tahun ini UII menerima total 7 mahasiswa KNB, di mana 5 mahasiswa telah mengikuti orientasi sebelumnya pada bulan September, sementara dua mahasiswa lainnya menyusul kedatangannya dan mengikuti orientasi hari ini.

Kegiatan orientasi bertujuan membantu mahasiswa internasional dalam proses adaptasi awal sebelum memasuki kegiatan akademik dan non-akademik di UII. Agenda meliputi pengenalan budaya Indonesia, pemaparan fasilitas dan sistem akademik kampus, sesi bersama Ketua Program Studi, serta pertemuan dengan mahasiswa senior internasional.

Dalam sambutannya, Nihlah Ilhami, Kepala Divisi Mobilitas Internasional UII, menyampaikan bahwa mahasiswa internasional akan segera mengikuti serangkaian agenda kegiatan di UII seperti International Student Gathering: Monitoring & Evaluation bersama Kantor Imigrasi, serta program penguatan literasi akademik. Ia menekankan pentingnya pemanfaatan fasilitas kampus secara proaktif, termasuk peluang mobilitas internasional yang disediakan UII untuk memperluas pengalaman akademik dan jejaring global.

Sementara itu, Dian Sari Utami, selaku Direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional UII, menyampaikan bahwa keikutsertaan UII sebagai perguruan tinggi penerima beasiswa KNB dan TIAS merupakan bagian dari kontribusi UII terhadap diplomasi pendidikan Indonesia. “UII berkomitmen menyediakan ekosistem pembelajaran yang inklusif dan berdaya saing global. Kehadiran penerima KNB dan TIAS di UII bukan hanya memperkaya atmosfer akademik, tetapi juga memperkuat jejaring internasional yang dibangun melalui pendidikan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, UII menegaskan komitmennya dalam mendukung keberhasilan studi mahasiswa internasional serta memperkuat kontribusi UII dalam diplomasi pendidikan dan pengembangan kerja sama global. (NI/AHR/RS)

Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Direktorat Layanan Akademik (DLA) menyelenggarakan Kuliah Umum Pascasarjana Ke-21 dengan tema “Integritas Akademik dan Kepemimpinan di Era Digital”. Kuliah umum untuk Mahasiswa Baru Program Profesi, Magister dan Doktor UII ini disampaikan langsung oleh Rektor UII, Fathul Wahid pada (18/10) di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito Kampus Terpadu UII.

Dalam kuliah umum yang diselenggarakan secara hibrida tersebut, Prof. Dr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII dan Guru Besar Bidang Ilmu Statistika dalam sambutannya berpesan kepada peserta kuliah umum yang diikuti oleh mahasiswa UII baik dari profesi, magister, dan doktor agar tidak hanya mementingkan kompetensi akademik tapi juga harus memiliki karakter Islami dan menjunjung tinggi moralitas.

Ia juga menegaskan lulusan UII harus mampu memberikan kontribusi bagi lingkungan dan masyarakatnya. “Kuliah umum maupun kuliah pakar yang diselenggarakan di tingkat universitas itu sudah didesain menjadi terintegrasi antara apa yang dilakukan di program studi, fakultas, dan universitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat ini benar-benar bisa terealisasi,” ujarnya.

Selanjutnya, Fathul Wahid membawakan materi pemantik diskusi yang berjudul Integritas Akademik dan Kepemimpinan di Era Akal Imitasi (AI). Dalam materi pemantik tersebut, Ia menyayangkan kasus-kasus pelanggaran etika akademik di Indonesia. Contohnya, adalah isu pencabutan 17 guru besar di suatu perguruan tinggi di Banjarmasin seperti yang dilansir dari Radar Banjarmasin dan juga kasus 28 SK Guru Besar yang dibatalkan. “Apa alasannya? Pelanggaran integritas akademik. Tentu saja untuk dunia akademik ini adalah sesuatu yang memalukan. Dosen dan profesor yang seharusnya menjadi penjuru terkait dengan penjagaan pemuliaan integritas akademik justru melacurkan diri dengan melanggarnya,” ungkapnya.

Dalam kuliah umum ini, Fathul Wahid mengajak peserta untuk terlebih dahulu melihat persepsi diri masing-masing dalam melihat kehadiran teknologi digital khususnya akal imitasi yang disingkat “AI”. Ia mengemukakan bahwa pemanfaatan AI dan teknologi digital lainnya akan bermanfaat positif jika sesuai dengan kunci tujuan asal. Sebaliknya, jika teknologi digunakan untuk kecurangan dan hal yang buruk lainnya maka memberikan dampak negatif. “Ketika teknologi itu digunakan untuk mencapai tujuan asal, bisa mempercepat bahkan maka teknologi bisa digunakan. Tetapi ketika teknologi itu justru digunakan untuk membajak tujuannya, maka itu menjadi masalah,” sebutnya.

Oleh karenanya, Fathul mendorong para mahasiswa untuk tidak terlena dengan kemudahan teknologi yang pada akhirnya akan menjerumuskan diri pada kemalasan dan kurangnya kemampuan artikulasi serta kemampuan berpikir kritis. Teknologi tidak hanya cerdas tetapi juga bermanfaat bagi manusia. Teknologi disebut bermanfaat sejauh tindakan-tindakan mereka dapat diharapkan untuk mencapai tujuan kita.

Fathul juga menjelaskan apa yang menjadi landasan bagi tujuan-tujuan kita sebagai manusia yang beriman dan berakal agar sesuai dengan konsep maqashid. Jawabannya, adalah tujuan harus sesuai dengan nilai adagium dan basis dunia akademik seperti nilai-nilai kemanusaan, kejujuran, keadilan dan pemeliharaan nilai-nilai kemanusiaan menjadi “maqasid” atau tujuan dari aktivitas akademik. “Nilai-nilai di dunia itu nilai-nilai kemanusiaan, disitu ada kejujuran, keadilan, kesetaraan, kebermanfaatan. Kita tanyakan ke siapapun termasuk orang jahat pun pasti sama. Karena apa? Pada dasarnya manusia itu ada kesadaran fitrah,” jelasnya.

Ia juga menambahkan meski manusia sedang dalam kesulitan dan hal yang sangat mendesak kejujuran tetap harus dijaga. “Hanya saja kadang ada tekanan dan lainnya maka ia menggadaikan kesadaran fitrah itu. Nah, sehingga disini ketika kita bicara nilai akademik seperti kejujuran maka disini sebetulnya menjaga nilai-nilai kemanusiaan (maqashid) dalam aktivitas akademik. Dan ini menjadi penting dan ditekankan bahwa akademisi boleh salah, tetapi tidak boleh bohong,” tambahnya.

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberi semangat bagi mahasiswa program magister dan doktor UII dalam menyelesaikan studi ke depan dengan tetap mengedepankan etika akademik sehingga mampu menghasilkan karya ilmiah akademik yang otentik, dapat dipertanggungjawabkan, dan bermanfaat bagi masyarakat. (AAO/AHR/RS)

Program Studi Profesi Arsitek (PPAr) Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan  Wisuda Pendidikan Profesi Arsitek Angkatan ke-16. Sebanyak 23 arsitek baru berhasil menuntaskan proses pembelajaran selama 1 tahun dengan 17 arsitek berpredikat Cumlaude, 4  arsitek berpredikat sangat memuaskan dan 1 arsitek berpredikat memuaskan secara resmi diambil sumpah pada Sabtu (18/10) di Auditorium Gedung KH. Mohammad Natsir FTSP UII.

Dalam laporan kelulusan, Ketua PPAr UII, Dr. Ar. Yulianto Purwono Prihatmanji, ST., MT., IPM., IAI menyampaikan mahasiswa PPAr UII belajar dengan beragam disiplin ilmu bersama para tenaga ahli dari bidang perancangan dengan kasus nyata hingga pengabdian masyarakat.

“Sehingga manakala mereka telah lulus mampu menerapkan Kode Etik Profesi dan Kaidah Tata Laku Arsitek yang telah mereka dapatkan bersama IAI (Ikatan Arsitek Indonesia -red). Lulusan telah siap bekerja bersama para Arsitek Mentor di biro-biro arsitek yang terkoordinasi oleh IAI di provinsi-provinsi seluruh Indonesia,” ungkap Ketua APTARI periode 2024-2027 ini.

Rektor UII, Fathul Wahid dalam sambutannya berpesan kepada para arsitek baru UII agar senantiasa berkontribusi bagi kemajuan bangsa melalui karya yang bernilai. “Mudah-mudahan PPAr selalu dimudahkan dalam menghasilkan arsitek-arsitek andal untuk Indonesia dan masa depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fathul menyampaikan bahwa setidaknya terdapat tiga peran penting arsitek dalam Building Information Modeling (BIM). Pertama, sebagai integrator gagasan, yakni mampu memadukan ide sejak tahap awal hingga hasil akhir agar tidak terjadi monopoli kebebasan desain. Kedua, sebagai penjaga nilai dan narasi ruang, di mana arsitek diharapkan mampu menghadirkan nilai keberlanjutan, keramahan terhadap lansia, hingga harmoni sosial melalui desain yang mengandung nilai kesetaraan dan dapat melintasi perbedaan, termasuk perbedaan agama. Ketiga, arsitek berperan sebagai aktor kolaborasi, karena berada di posisi depan sebagai pendesain yang mengoordinasikan berbagai pihak sehingga semua dapat menikmati hasil kolaborasi melalui BIM.

“Dalam sosiologi organisasi, apa yang kita lakukan di satu titik pasti akan berpengaruh pada titik lain. Karena itu, fungsi-fungsi tersebut perlu dirawat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI),  Ar. Georgius Budi Yulianto, IAI., AA dalam sambutannya berpesan kepada arsitek baru UII untuk terus berkarya tanpa menunda waktu. Ia mengingatkan, hadirnya kecerdasan buatan (AI) menjadikan arsitek tidak hanya sekadar pengguna, tetapi juga sebagai kurator dan kolaborator dalam setiap proyek yang dikerjakan. “AI, mau tidak mau menjadi bagian dari praktek profesi kita karena itu tidak bisa kita lawan dan sebagai bagian dari perubahan di masa depan,” ungkap Georgius.

Sementara itu, Dewi Larasati, S.T., M.T., Ph.D selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Pendidikan Arsitektur Indonesia (APTARI) berpesan menjadi arsitek profesional saat ini bukan hanya keterampilan menggambar atau kemampuan teknis kontruksi. Ditengah tantangan krisis iklim global, ketimpangan sosial, dan tantangan urbanisme yang kompleks, arsitek dituntut menjadi agen perubahan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, merespons konteks lokal, dan tetap berpijak pada etika profesi.

“Menjadi arsitek bukan hanya sebagai karier, melainkan amanah peradaban. Arsitek tidak hanya merancang bangunan tetapi juga mewujudkan nilai menghadirkan ruang hidup yang adil, dan merawat bumi sebagai rumah bersama. Lulusan profesi arsitektur tidak cukup dibekali dengan keterampilan individual, tetapi juga tumbuh dalam ekosistem pembelajaran lintas disiplin, berpijak pada kolaborasi, dan peka terhadap dinamika sosial budaya,” ungkapnya.

Wisuda profesi pendidikan arsitek ini diharapkan tidak hanya meluluskan arsitek-arsitek yang andal dalam keterampilan desain dan konstruksi. Tetapi mampu berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan Indonesia yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. (AHR/RS)

Universitas Islam Indonesia menerima lawatan dari Wakil Duta besar Australia, Gita Kamath pada Jum’at (17/10) di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito, Kampus Terpadu UII. Dalam kesempatan ini, UII juga menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk “The Relationship between Indonesia and Australia” untuk memperluas wawasan sivitas akademika khususnya mahasiswa mengenai dinamika hubungan bilateral kedua negara.

Rektor UII, Fathul Wahid dalam sambutannya mengatakan hubungan UII dengan Australia telah lama terjalin yang berlandaskan nilai-nilai kepercayaan, kerja sama, dan keunggulan akademik. Seiring berjalannya waktu, UII telah mengembangkan kolaborasi akademik yang kuat dengan berbagai mitra di Australia mulai dari workshop hingga masuk pada kurikulum pembelajaran yang ada di UII.

“Kemitraan antara UII dan Australia mencerminkan keyakinan bersama bahwa pendidikan merupakan bentuk diplomasi yang paling langgeng. Kami sangat berterima kasih kepada Kedutaan Besar Australia di Jakarta atas kepercayaan dan kerja sama yang terus terjalin, dan kami menantikan pengembangan kemitraan ini melalui penelitian bersama, pertukaran, serta inisiatif lain yang memperkuat diplomasi akademik antara kedua negara. Semoga kemitraan ini terus menginspirasi, mencerahkan, dan memberdayakan masa depan Indo-Pasifik yang penuh harapan,” Harap Fathul.

Di hadapan mahasiswa, Gita Kamath menyampaikan rasa bangganya bisa berkunjung ke UII. Ia memandang UII memiliki posisi strategis dalam konteks hubungan Australia-Indonesia yang salah satunya diwujudkan dengan adanya mata kuliah Studi Australia pada Jurusan Hubungan Internasional. Hal ini sangat penting dalam mendorong pemahaman yang lebih baik antara masyarakat kedua negara.

“Kita adalah negara tetangga dan sahabat yang sangat baik. Hubungan antarwarga dan kolaborasi akademik merupakan fondasi penting dalam mempererat persahabatan kedua bangsa,”ucap Gita.

Lawatan Wakil Duta Besar Australia ini menjadi momentum bagi UII dalam memperkuat langkah internasionalisasi, khususnya melalui kerja sama akademik, riset kolaboratif, dan pertukaran mahasiswa dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di Australia. (AHR/RS)

Cilacs Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menghadirkan kegiatan inspiratif bertajuk “IELTS Info Session & Familiarisation Test” dan “Info Session of Study Abroad with LPDP Scholarship Interviewer”. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan British Council, lembaga resmi penyelenggara tes IELTS internasional.

Acara yang digelar di kampus Cilacs UII, Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta pada Rabu (15/10) ini disambut antusias oleh peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari siswa SMA, mahasiswa, dosen, akademisi, hingga profesional muda. Mereka hadir dengan satu tujuan yang sama: mempersiapkan diri untuk studi atau karier internasional serta meraih beasiswa LPDP.

Sebagai pembicara utama, Anggara Jatu, LPDP Awardee sekaligus dosen UII, berbagi pengalaman perjuangannya menembus seleksi beasiswa prestisius tersebut. Ia juga mengisahkan perjuangan pribadinya menghadapi tes IELTS hingga akhirnya berhasil meraih skor yang diimpikan  dan bisa meraih beasiswa LPDP. Dalam sesi tersebut, Jatu memaparkan berbagai tips dan strategi efektif agar peserta dapat mempersiapkan diri secara maksimal menghadapi tes IELTS.

Selain sesi inspiratif, peserta juga mengikuti IELTS Familiarisation Test yang dipandu oleh Sudharmanto dari Departemen Layanan Tes Cilacs UII. Dalam kesempatan ini, peserta dikenalkan secara langsung dengan IELTS on Computer (IoC) — format tes berbasis komputer yang kini semakin diminati. Peserta juga diajak melakukan tur ke venue resmi IoC di Cilacs UII, yang merupakan satu-satunya tempat di Yogyakarta berlisensi resmi dari British Council untuk pelaksanaan tes tersebut.

Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga memberikan pengalaman langsung yang bermanfaat bagi calon peserta tes IELTS. Selain gratis, acara ini juga semakin semarak dengan berbagai door prize menarik yang dibagikan kepada peserta.

Melalui kegiatan ini, Cilacs UII menegaskan komitmennya sebagai lembaga bahasa berkelas internasional yang terus mendukung generasi muda Indonesia untuk berani bermimpi besar dan menembus dunia global. (Ank)

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung penelitian dan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada keberlanjutan sumber daya melalui penyelenggaraan Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bertajuk “Pangan, Air, dan Energi: Mewujudkan Ketahanan Sumber Daya di Tengah Krisis Global”. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu (15/10), di Auditorium Fakultas Hukum UII.

Seminar ini diikuti oleh 14 peserta dari berbagai perguruan tinggi di delapan provinsi, mulai dari Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Sumatera Utara. Para peserta mempresentasikan hasil penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada isu-isu strategis di bidang pangan, air, dan energi.

Seminar dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII. Sebelumnya, kegiatan diawali dengan laporan panitia oleh Prof. Dr. Eko Siswoyo, S.T., M.Sc., Es., Ph.D., IPU., selaku Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII.

Dalam sambutannya, Prof. Jaka Nugraha menegaskan bahwa pangan, air, dan energi merupakan kebutuhan dasar yang sangat vital, namun masih kerap menimbulkan berbagai persoalan.“Pangan, air, dan energi ini merupakan kebutuhan dasar, tapi masih sering muncul permasalahan-permasalahan mulai dari manajemen pengelolaan, ketersediaan, maupun juga keberlanjutannya, karena ini sesuatu yang sangat vital,” ujarnya.

Ia menambahkan, kolaborasi lintas sektor menjadi kunci untuk mewujudkan ketahanan sumber daya nasional. “Kunci sukses dari ketahanan sumber daya ini adalah sinergi, terpadu dan terintegrasi dari semua pemangku kepentingan yang ada, yaitu akademisi, peneliti, pengusaha, pemerintah, dan politisi. Semua harus serius menghadapi permasalahan ini. Semoga seminar ini memberi manfaat bagi kita semua, minimal meningkatkan kesadaran terkait hal ini,” tambahnya.

Dalam sesi pleno, Dr. Andes Hamuraby Rozak, Kepala Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), memaparkan materi bertema “Riset dan Inovasi Keanekaragaman Hayati untuk Indonesia Maju.” Ia menekankan pentingnya pengelolaan keanekaragaman hayati sebagai aset strategis bangsa untuk menopang ketahanan pangan, energi, dan lingkungan berkelanjutan.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Ing. Ir. Widodo Brontowiyono, M.Sc., Profesor bidang Teknik Lingkungan, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan UII, membahas mengenai Krisis Global dalam Ketahanan Pangan, Air, dan Energi. Dalam paparannya, Ia menyoroti berbagai tantangan global yang berpotensi mengancam kemandirian sumber daya nasional serta menekankan perlunya pendekatan ilmiah dan kebijakan terintegrasi dalam menghadapi krisis tersebut.

Sesi pleno dan diskusi dimoderatori oleh Fajri Mulya Iresha, S.T., M.T., Ph.D., Dosen Program Studi Teknik Lingkungan FTSP UII. Melalui kegiatan ini, UII berupaya memperkuat sinergi antara akademisi, peneliti, dan praktisi dalam mencari solusi inovatif terhadap tantangan ketahanan sumber daya nasional di tengah krisis global, sekaligus mendorong implementasi hasil riset agar berdampak langsung bagi masyarakat. (ELKN/AHR/RS)

Dalam memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan (DPK) menyelenggarakan acara Diskusi Panel Kesehatan Mental Mahasiswa: Dari Kebijakan hingga Aksi Nyata.Acara yang berlangsung pada Sabtu (11/10) di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito, Kampus Terpadu UII, diikuti oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Forpimawa) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber antara lain Muhammad Iqbal Fauzi, S.E., selaku Ketua Tim Pembelajaran dan Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah V, dr. Seruni Angreni Susila, M.Ph selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sleman, Latifatul Laili, S.Psi., M.Psi, Psikolog selaku Kepala Divisi Pembinaan Kepribadian dan Kesejahteraan DPK UII, dan Salma Fairuz Putri selaku Ketua PIK-M Aushaf UII.

Kebijakan Kampus Ramah Kesehatan Mental
Sesi pertama dibawakan oleh Iqbal Fauzi menyoroti hanya sebagian kecil saja remaja dengan masalah kesehatan mental yang pernah mengakses layanan psikologis, padahal prevalensi masalah kesehatan mental khususnya untuk isu kecemasan dan depresi makin meningkat.  Maka dari itu, penting untuk perguruan tinggi meningkatkan layanan kesehatan mental untuk mahasiswa.

Dari permasalahan tersebut, LLDikti Wilayah V menginiasiasi pembentukan Mental Health Center (MHC) yang mendorong setiap perguruan tinggi untuk menyediakan unit layanan konseling, membekali dosen dan tenaga kependidikan dalam psychological first aid (PFA), serta melakukan skrining kesehatan mental secara rutin.

“Kebijakan ini juga mencakup pembentukan kebijakan anti-stigma dan anti-diskriminasi terhadap mahasiswa dengan gangguan mental, serta kolaborasi dengan rumah sakit dan puskesmas untuk memperkuat sistem rujukan,” ungkap Iqbal Fauzi.

Upaya Pemerintah dalam Penguatan Kesehatan Jiwa
Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023 menunjukkan provinsi DIY menempati peringkat 1 dengan prevalensi ODGJ tertinggi national dengan 2.936 jiwa berasal dari Kabupaten Sleman. Perolehan data ini menunjukkan urgensi penanganan masalah kesehatan mental yang semakin serius.

Menanggapi kondisi tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menginisasi program Mata Hati (Masyarakat Tangguh Sehat Jiwa) yang menempatkan kesehatan jiwa sebagai bagian integral dari pembangunan sumber daya manusia. Hingga tahun 2024, seluruh puskesmas di Sleman sudah memiliki tenaga psikolog dan fasilitas pendukung yang memadai.

Tidak berhenti disitu, program ini juga merespon zaman dengan menghadirkan layanan konsultasi psikolog daring yang semakin memudahkan masyarakat mengakses bantuan profesional. Terbukti, program ini menimbulkan dampak positif masyarakat hingga apresiasi pada level nasional dan internasional.

“Pemerintah daerah disini hadir berkolaborasi bersama seluruh sektor untuk menurunkan kesenjangan warga dalam mendapatkan akses yang setara untuk hidup layak khususnya kesehatan jiwa serta menghadirkan kesejahteraan yang adil dan setara bagi setiap warganya,” harap dr. Seruni.

Peran Universitas dalam Membangun Kesehatan Mental Mahasiswa
Kesehatan mental mahasiswa telah menjadi isu global yang mendapat perhatian serius, terutama mengingat prevalensi gangguan psikologis yang tinggi di lingkungan perguruan tinggi. Dalam hal ini, UII terus untuk selalu merespon dan menjadi pelopor yang secara konsisten mengembangkan layanan konseling mahasiswa. Sejak 2010, layanan ini terus berkembang hingga melibatkan konselor profesional dan sebaya.

Hingga pada tahun 2023, UII meluncurkan program PEKA (Peduli Kesehatan Mental Mahasiswa) UII Terpadu menghadirkan pendekatan menyeluruh dengan melibatkan sivitas akademika UII yang telah mendapat pelatihan psychological first aid (PSA) hingga penanangan kasus krisis yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Kemudian tahun 2024, UII membukan layanan konseling berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk level masalah psikologis ringan. Pengembangan ini menjawab kebutuhan konseling yang semakin besar dan bertujuan memperluas akses bagi mahasiswa yang membutuhkan dukungan awal sebelum dirujuk ke layanan profesional.

“Satu poin yang menurut perlu disuarakan bersama adalah mental health matters. Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan mental, jadi mari kita urus kesehatan mental kita bersama,” tegas Latifatul Laili.

Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Sosial
Pengawalan masalah kesehatan mental tidak hanya sebatas pada penerapan kebijakan dan peran universitas, tetapi ada andil mahasiswa dalam mengurai masalah ini. Banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari kampanye media sosial, konseling sebaya, belonging project, hingga edukasi.

“Harapannya dapat terbentuk lingkungan kampus yang peduli akan kesehatan mental, sehingga mampu menciptakan dukungan kegiatan yang berkelanjutan dan membuat mahasiswa berani mencari bantuan tanpa takut akan stigma yang ada,” ungkap Salma

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh pemangku kepentingan termasuk mahasiswa semakin sadar dan peduli bahwa isu kesehatan mental ini bukanlah hal yang sederhana. Diperlukan komitmen bersama untuk terus mengawal dan meningkatkan kualitas layanan penanganan masalah kesehatan mental, sehingga dapat terwujud sumber daya manusia yang unggul, dan sehat secara fisik maupun mental. (AHR/RS)

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi terbaiknya dengan berhasil menyambet juara umum pertama dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2025 yang diselenggarakan di Universitas Lambung Mangkurat, Kabupaten Banjarmasin pada 5-9 Oktober 2025. Prestasi tersebut diraih melalui capaian gemilang 31 mahasiswa delegasi UII pada delapan bidang dengan 19 delegasi mencapai prestasi terbaik.

Beberapa diantaranya yaitu M. Rasihul Hilman sebagai Terbaik I bidang Tartil Qur’an, Muhammad Syauqy Fadlullah meraih Terbaik III bidang Qira’at Sab‘ah, serta Syamimi Assahira memperoleh Terbaik I bidang Qira’at Sab‘ah. Pada bidang Hifzhil Qur’an 20 Juz, prestasi Terbaik III diraih oleh Hasna Shofwatul Azizah, sementara Imron Syafii juga menyabet Terbaik III  bidang Khaththil Qur’an  Dekorasi, dan Rahma Yana mendapatkan Harapan I  bidang Khaththil Qur’an  Dekorasi.

Selanjutnya, Fatimah Az Zahra meraih Terbaik III bidang Fahmil Qur’an, Asep Rizki Suhada Muharom memperoleh Terbaik III pada bidang yang sama, serta D. Rajbani Gibran Ahmad berhasil mendapatkan Terbaik II  bidang Syarhil Qur’an. Pada bidang Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’anBahasa Arab, Ali Mutahari dinobatkan sebagai Terbaik I sekaligus menjadi Pembicara Terbaik. Di sisi lain, M. Fathul Anam juga meraih Terbaik 1 dan Pembicara Terbaik pada bidang yang sama.

Adapun capaian lainnya diraih oleh Ulil Albab Tirmidzi yang memperoleh Terbaik III bidang Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad, sementara peserta lainnya seperti Baiq Qori’atul Hafizah, Ahsana Matsway Benta Khot, Muh Subki, M Sirrul Asror, Mochamad Rizal Khoirushholihi, M. Haikal, dan Muhammad Latif Haqiqi turut berkontribusi dalam memperkuat posisi UII hingga berhasil keluar sebagai Juara Umum MTQMN 2025.

Di balik capaian gemilang ini, banyak kisah menarik dan tantangan yang dihadapi oleh delegasi UII yang berproses dengan giat, mulai dari persiapan intensif hingga pengalaman berharga selama kompetisi berlangsung.

Asep Rizki Suhada Muharom, salah satu delegasi saat diwawancarai menceritakan persiapan yang mereka hadapi menjelang kompetisi ini. Menurut penuturannya, Ia dan tim berupaya menggali informasi dan strategi dari universitas lain yang menjadi lawan dalam ajang bergengsi ini, langkah ini mereka lakukan agar dapat tampil maksimal di setiap bidang yang diikuti.

“Intinya banyak strategi yang dikumpulkan, saya dan temen-temen menginginkan adanya penyetaraan pembinaan yang lebih terstruktur dan sistematis, sehingga dibuatkan TQFI dengan fokus pembinaan di bidang MTQ dalam 7 bidang,” ungkap mahasiswa Program Studi Psikologi Program Sarjana angkatan 2022 ini.

Selain itu, Asep menuturkan untuk meraih capaian gemilang ini, Ia dan tim menjalani latihan rutin bersama pelatih dan ikut serta dalam ajang serupa sebagai program latihan menjelang MTQMN.

Persiapan menuju MTQMN pun tak lepas dari tantangan. Seleksi pra nasional MTQMN yang berdekatan dengan waktu pelaksanaan membuat kesempatan untuk berlatih menjadi terbatas. Situasi semakin menantang karena bersamaan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), sehingga Asep dan tim harus hati-hati dalam mengelola waktu agar bisa berlatih dengan maksimal tanpa harus mengorbankan kegiatan akademik lainnya.

Sementara itu, Fatimah Az-Zahra, salah satu delegasi UII, pengalaman mengikuti MTQMN XVIII di Kalimantan memberikan kesan mendalam. Baginya, budaya daerah yang sangat khas membuatnya terkesan

“Tapi tentu saja, momen paling mengharukan adalah ketika UII diumumkan sebagai juara umum di kota orang pula, bukan sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

Perasaan haru semakin terasa karena ia menyaksikan langsung perjuangan teman-temannya dalam mempersiapkan lomba, termasuk dukungan penuh dari pihak universitas.

 “Sejak awal menjadi juara bukanlah target utama. Yang paling penting justru sejauh mana kami bisa menikmati prosesnya, meski tidak selalu mudah. Tapi dari proses yang penuh tantangan itu, Allah memberikan akhir yang indah sebagai hadiah.” tutur Mahasiswa Program Studi Psikologi Program Sarjana angkatan 2022 ini.

Lebih lanjut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni UII, Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag mengapresiasi capaian prestasi ini. Dr. Rohidin mengungkapkan capaian ini adalah anugerah yang amat membanggakan bagi UII. Menurutnya, prestasi ini bukan hanya sekadar torehan kemenangan, tetapi sebagai manifestasi dari ruh dan identitas UII sebagai universitas Islam yang berkomitmen menegakkan nilai-nilai Al- Qur’an dalam setiap denyut kehidupan akademiknya.

“Keberhasilan ini memperlihatkan bahwa UII tidak hanya berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga senantiasa mengakar kuat pada nilai-nilai spiritual yang menjadi napas perjuangan para pendirinya. Dalam konteks yang lebih luas, capaian ini menjadi refleksi nyata dari keberhasilan UII dalam menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai fondasi moral, etika, dan intelektual bagi seluruh sivitas akademika,” ungkap Dr. Rohidin

Dr. Rohidin mengungkapkan peran pembinaan kampus dalam mengantarkan kafilah UII meraih prestasi gemilang ini sangatlah besar. Melalui sinergi yang kuat antara dosen pembina, unit kegiatan mahasiswa, lembaga dakwah, dan Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan (DPK) UII, proses pembinaan dilakukan secara berkelanjutan, terarah, dan menyeluruh.

“Pembinaan tidak hanya berfokus pada kemampuan teknis seperti tilawah, tahfidz, atau tafsir, tetapi juga pada pendalaman makna, pemahaman konteks, serta penanaman nilai-nilai keikhlasan dan adab Qur’ani. Ekosistem kampus yang mendukung tumbuhnya tradisi Qur’ani menjadikan para peserta tidak sekadar tampil sebagai kafilah, tetapi juga sebagai duta nilai dan akhlak Al-Qur’an,” jelasnya.

Capaian juara umum ini menjadi momentum penting untuk memperkuat semangat Qur’ani di seluruh lini kehidupan kampus. Harapannya, semangat yang lahir dari ajang MTQMN tidak berhenti pada momen kemenangan, tetapi terus mengalir menjadi budaya yang hidup di tengah sivitas akademika UII. (AHR/RS)

Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional (DK/KUI) menyelenggarakan kegiatan bertajuk “UII Global Partnership Series: Best Practice Talks” pada Jumat (10/10) melalui kanal Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan sebuah forum berbagi pengalaman dan strategi dalam mengembangkan serta mengimplementasikan kerja sama internasional yang efektif di lingkungan universitas.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A., selaku Direktur DK/KUI UII. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan UII untuk memperkuat budaya kolaborasi internasional di tingkat program studi.

“Global partnership tidak hanya memperluas jejaring akademik, tetapi juga memperkaya perspektif dosen dan mahasiswa. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi ruang inspirasi bagi program studi untuk lebih aktif membangun kerja sama yang berdampak,” ujar Dian Sari Utami.

Melalui forum ini, UII menegaskan komitmennya untuk memperluas jejaring global dan mendorong kolaborasi akademik lintas negara yang berkelanjutan. Meskipun UII telah memiliki jaringan kerja sama internasional yang luas, tingkat implementasi di level program studi masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan evaluasi internal, sekitar 65% program studi di UII telah aktif dalam kemitraan internasional, sementara sebagian lainnya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan mitra, dukungan pendanaan, maupun pengalaman dalam perancangan program bersama.

Sebagai respons terhadap tantangan tersebut, Global Partnership Series menghadirkan sesi diskusi, studi kasus, dan berbagi praktik terbaik (best practices) dari dosen dan pengelola program studi yang telah sukses menjalankan program internasional, seperti Joint/Double Degree, International Credit Transfer (ICT), COIL (Collaborative Online International Learning), dan Short Program.

Seri kegiatan ini terdiri dari tiga sesi utama yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2025, dengan tema berbeda setiap minggunya yakni pada 10 Oktober 2025 dengan mengangkat tema “Strengthening Global Collaboration through Joint/Double Degrees” yang membahas strategi inisiasi dan pengelolaan program joint/double degree. Tanggal 17 Oktober 2025 dengan mengangkat tema “Innovative Global Learning: COIL and Short Program Opportunities” yang menyoroti peluang pembelajaran global melalui COIL dan program pendek kolaboratif. Sesi terakhir dilaksanakan pada 24 Oktober 2025 dengan mengangkat tema “Enhancing Mobility: Implementing International Credit Transfer Programs” yang berfokus pada pelaksanaan International Credit Transfer untuk mahasiswa inbound dan outbound.

Setiap sesi diisi dengan pemaparan materi, sharing session, dan diskusi interaktif yang menghadirkan para narasumber internal UII berpengalaman dalam pengelolaan program internasional. Peserta kegiatan terdiri dari pimpinan program studi, dosen, dan staf administrasi akademik yang berperan dalam perencanaan serta pelaksanaan kerja sama global.

Kepala Divisi Mobilitas Internasional DK/KUI UII, Nihlah Ilhami, menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi katalis bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kerja sama global di lingkungan UII. “Melalui forum ini, kami ingin membangun pemahaman yang lebih kuat tentang bagaimana mendesain dan melaksanakan program internasional secara berkelanjutan. Kolaborasi yang solid di tingkat program studi akan memperkuat reputasi global UII sekaligus memberikan dampak nyata bagi pengembangan akademik dan non-akademik mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Joni Aldilla Fajri, selaku Kepala Divisi Kemitraan Luar Negeri  DK/KUI UII, menekankan pentingnya implementasi kemitraan luar negeri yang tidak hanya bersifat simbolis, tetapi aplikatif dan berorientasi hasil. “Kemitraan internasional yang baik bukan hanya diukur dari jumlah MoU yang ditandatangani, tetapi dari sejauh mana kolaborasi tersebut benar-benar dijalankan dan memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa, dosen, serta masyarakat. Kami mendorong setiap program studi untuk menciptakan kerja sama yang produktif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Dengan terselenggaranya “UII Global Partnership Series: Best Practice Talks,” UII menegaskan komitmennya untuk terus menjadi universitas berwawasan global yang berakar pada nilai-nilai Islam, serta berperan aktif dalam membangun ekosistem pendidikan tinggi yang kolaboratif, inklusif, dan berdaya saing internasional. (DS/AHR/RS)