,

Membangun Bisnis Yang Berlimpah Pahala

Menjadi seorang wirausaha yang sukses dalam menjalankan usaha tentunya menjadi cita-cita banyak orang. Namun beberapa di antaranya tidak memikirkan bagaimana usaha mereka akan menghasilkan pahala bagi dirinya dan orang lain. Melalui Seminar Kewirausahaan yang digelar oleh Program Studi Perbankan dan Keuangan, Program Diploma III UII diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa bahwa suatu usaha dapat menjadi ladang pahala.

Seminar kewirausahaan dengan tema “Bisnis Berlimpah Pahala” yang diadakan pada Rabu (4/12), di Auditorium Prof. KH. Abdulkahar Mudzakkir UII mendatangkan Presiden Jogja Kangen Water yaitu Very Adi Setiawan. Ia merupakan pencetus usaha Kangen Water, yang menjual mesin Kangen Water Original dengan jangkauan banyak kota di Indonesia.

Disampaikan Very sukses bagi masing-masing orang itu berbeda. Ada yang mengatakan kalau sukses bagi dirinya adalah saat sudah lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan, ada seseorang lainnya yang mengatakan kalau sukses baginya adalah bisa mendapatkan uang yang banyak dan mendapatkan kestabilan dalam keuangannya, dan masih banyak yang lainnya.

Akan tetapi menurut Very, kesuksesan tidak diukur dari apa yang kita dapatkan, akan tetapi kesuksesan itu apabila kita sadar bahwa apa yang dimiliki saat ini adalah milik Allah SWT. “Sehingga apabila kesuksesan itu datang, maka orang tersebut akan biasa saja dan tidak akan bersedih apabila hal tersebut diambil dari dirinya,” ujarnya.

Very menjelaskan apa yang akan didapatkan oleh seseorang adalah sama dengan usaha yang dia lakukan. Allah SWT telah menetapkan rejeki pada setiap manusia. Rejeki tersebut ada yang sudah dinikmati setiap harinya tanpa perlu usaha yang lebih. Namun ada juga rejeki yang baru bisa didapatkan melalui sebuah usaha. ”Allah SWT akan menilai sejauh mana usaha seseorang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Usaha yang paling baik adalah usaha yang tidak lupa diiringi oleh do’a kepada-Nya,” tandasnya.

Di akhir materinya, Very menekankan bahwa setiap orang bisa melakukan berbagai aktivitas seperti membangun dan merintis sebuah usaha atau bisnis. Bisa saja dalam proses membangun sebuah bisnis, orang-orang akan menerapkan ilmu yang sama yaitu ilmu kewirausahaan yang diaplikasikan. Namun hanya beberapa orang saja yang meniatkan semua langkah dalam usahanya hanya kepada Allah SWT.

”Dari kedua tipe orang tersebut, tentunya akan ada perbedaan yang mereka dapatkan yaitu mendapatkan pahala yang berlimpah,” pungkasnya. (RRA/RS)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *