Kehidupan selepas lulus dari jenjang perkuliahan merupakan perjuangan yang akan selalu dikenang setiap mahasiswa. Bagaimana tidak, setelah berjuang menuntut ilmu untuk meraih gelar sarjana, lulusan baru dituntut adaptif membangun masa depan di dunia kerja. Hal inilah yang mendorong Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni (DPKA) UII mengadakan virtual Student Connect  bersama dengan @LivinginTelkom pada Rabu (3/3).

Student Connect adalah career virtual roadshow yang bertujuan untuk memberi inspirasi pada mahasiswa. Pengisinya adalah para alumni yang saat ini sedang bekerja di perusahaan Telkom Indonesia. Mengusung tema Learn, Grow, and Contribute to the Nation in Vibrant Workplace, acara tersebut menghadirkan alumni UII yang sedang berkarir di Telkom. Mereka juga berbagi info karir di perusahaan plat merah itu.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, & Alumni UII, Dr. Rohidin, M.Ag sangat penting memberikan gambaran pada mahasiswa tentang dunia kerja yang sesungguhnya. “Hal ini sejalan dengan cita-cita UII untuk terus mencetak para pemimpin bangsa, penting sekali perusahaan dari BUMN ini untuk diisi oleh para lulusan atau alumni yang adaptif dan berintegritas”, terangnya.

Rohidin juga berharap kolaborasi UII dan Telkom tidak hanya pada penyelenggaraan event ini saja, melainkan juga bersinergi pada berbagai aspek seperti pendidikan, pembinaan karakter, dan juga pengembangan karir alumni.

Lebih lanjut, Ir. Moh. Berliantoko, MM selaku Senior Manager Planning, Performance, & Support Divisi Enterprise Service Telkom Indonesia menjelaskan tentang perusahaan Telkom yang telah berhasil melakukan ekspansi ke berbagai negara. Menurutnya, hal ini tak lepas dari visi dan misi Telkom untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang disukai masyarakat.

Dalam membagi kisahnya, Berliantoko juga menjabarkan kesempatan pengembangan karir pegawai di perusahaannya. “Selama bekerja, kami di monitor dengan sistem ingenium yang dapat memprogramkan pengembangan karir seperti bagaimana kita promosi atau mutasi, semuanya tersistem dengan Assessment Center (ACI) untuk mengoptimalkan kemampuan dan profesionalitas kita”, tegas alumni Teknik Industri UII itu.

Acara ini juga mendatangkan tiga alumni dari generasi milenial yang turut serta membagikan pengalaman kepada mahasiswa dalam persiapan memasuki dunia kerja. Ketiga persona tersebut yaitu Amanda Lailatul Fadhilah dari Jurusan Teknik Informatika UII, kemudian Nugraha Hadi Wibawa dan Akhmad Fauzi dari Jurusan Manajemen UII. Mereka membeberkan bagaimana perjuangannya yang telah gagal berkali-kali hingga akhirnya berhasil lolos menjadi pegawai dan memegang jabatan penting di Telkom Indonesia.

Nugraha Hadi Wibowo misalnya, bersaing dengan ribuan jobseeker saat itu. Ia menjadi salah satu alumni UII yang lolos dari 300 kursi pegawai yang dibutuhkan. Ia juga memaparkan bahwa keberadaannya saat ini sebagai Chief Technology Officer tak lepas berkat terasahnya softskill yang ia miliki ketika menjadi mahasiswa di UII. “Berdasarkan pengalaman saya, keikutsertaan saya di kelembagaan saat kuliah merupakan softskill yang vital, teman-teman UII yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia memudahkan saya menjadi pribadi yang adaptif hingga saat ini”, terangnya. (IAA/ESP)