Majalah institusi Universitas Islam Indonesia (UII), VIP Magazine Volume VI, berhasil meraih predikat Gold Winner pada Kategori Perguruan Tinggi, Sub Kategori Media Cetak di ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2021. Di tengah situasi pandemi, acara penghargaan tersebut diadakan secara daring melalui kanal Youtube PR INDONESIA Magazine pada Rabu siang (31/3). 

VIP Magazine merupakan majalah dwi bahasa yang diterbitkan oleh Bidang Humas UII secara berkala setiap tahun sejak enam tahun silam. Di dalamnya banyak mengulas mengenai inovasi dan kegiatan akademik di kampus, riset para dosen dan mahasiswa, prestasi sivitas akademika, alumni, dan berbagai rubrik menarik lainnya.

Adapun PRIA merupakan ajang penghargaan dan apresiasi bergengsi yang melibatkan insan humas dari berbagai latar belakang institusi, seperti universitas, perusahaan swasta, BUMN, maupun BUMD. Ajang tahunan yang diinisiasi oleh entitas media, PR INDONESIA ini telah berlangsung secara konsisten sebanyak enam kali sejak tahun 2016.

Kepala Bidang Humas UII, Ratna Permata Sari, S.I.Kom., M.A. mengatakan, “Kami memaknai apresiasi ini sebagai tambahan motivasi dalam peningkatan kapabilitas dan kapasitas bidang Humas terutama pemberitaan melalui majalah. Semoga artikel yang kami sajikan dapat memberikan manfaat dan inspirasi kepada masyarakat umum”. 

Selama lebih dari tiga bulan, ratusan korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah berkompetisi di ajang PRIA 2021. Penjurian PRIA 2021 dilakukan oleh Dewan Juri pada 16 Februari-4 Maret 2021. Para dewan juri merupakan pakar, praktisi, dan akademisi kehumasan serta media yang telah memiliki reputasi baik nasional maupun internasional. 

Beberapa nama seperti Maria Wongsonagoro (PR INDONESIA Gurus), Magdalena Wenas (PR INDONESIA Gurus), Suharjo Nugroho (Ketua Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia), dan Asmono Wikan (Founder & CEO PR INDONESIA, Sekjen Serikat Perusahaan Pers Pusat) turut menjadi dewan juri acara ini.

VIP Magazine Volume VI mengangkat isu Global Mobility sebagai tema utamanya. Pemilihan tema ini didasari oleh kebijakan strategis UII di bawah kepemimpinan Rektor, Prof. Fathul Wahid, Ph.D yang tengah menggalakkan internasionalisasi universitas. Salah satu dampaknya adalah peningkatan mobilitas global sivitas akademika baik dosen maupun mahasiswa ke berbagai universitas asing mitra UII. Di samping itu, UII juga giat menjaring minat mahasiswa asing dari berbagai negara untuk berkuliah di kampus Islam ini.