Warung Prancis (WP) UII merupakan salah satu dari 29 WP yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui Divisi Kerjasama Universitas, IFI membentuk Warung Prancis di beberapa universitas di Indonesia untuk menjembatani kerjasama antara pemerintah Prancis dengan universitas di Indonesia. WP UII menjadi sebuah institusi yang memperkenalkan Prancis kepada sivitas akademika di lingkungan UII melalui aktivitas-aktivas dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Untuk memaksimalkan pengelolaan WP, setiap tahun IFI melaksanakan lokakarya pelatihan untuk membekali para pengelola WP (Responsable de Warung Prancis) dengan kemampuan manajerial serta informasi-informasi terbaru seputar kerjasama Prancis dan Indonesia. Ajang tahunan ini juga menjadi wadah silaturahmi antara para pengelola WP di seluruh Indonesia. Koordinator WP UII yang hadir dalam acara ini adalah Ginanjar Gailea M.A dan Rina Desitarahmi, M.Hum.

Pada tahun 2018 ini, lokakarya pengelola WP berlangsung pada tanggal 9-10 Juli 2018. Bertempat di auditorium IFI Jakarta, acara ini dibuka langsung oleh Direktur IFI dan Konselor Kerjasama dan Kebudayaan, Marc Piton. Dalam sambutannya, Piton berterima kasih kepada seluruh pengelola WP atas kerjasama mereka dalam mempromosikan Prancis. Dia juga menambahkan WP merupakan sebuah pilot project yang saat ini menjadi rujukan pemerintah Prancis dalam memperluas kerjasama di negara-negara lain.

Selama dua hari, para pengelola WP diberikan informasi seputar pengelolaan WP oleh para pembicara dari IFI. Informasi yang diberikan berupa presentasi tentang perkembangan jaringan WP saat ini, presentasi tenang pendidikan Prancis dari Campus France, serta presentasi jaringan alumni Prancis di Indonesia. Dalam lokakarya ini juga dibahas tentang pengggunaan sosial media untuk promosi WP dan juga penggunaan platform pembelajaran bahasa Prancis (Culturethèque) dan film Prancis (Ifcinema).

Menurut pengelola WP UI, Ginanjar, Ifcinema merupakan platform yang sering digunakan di WP UII. Teknologi ini sangat membantu WP UII dalam mengakses film-film Prancis yang berkualitas. Film dapat menjadi sarana dalam mempelajari budaya Prancis di samping buku-buku dan sumber-sumber lain.

Pelatihan tahunan ini juga menjadi ajang bagi para pengelola WP dari berbagai daerah untuk berinteraksi antar satu dengan yang lain. Para peserta saling belajar dan memberi masukan tentang aktivitas-aktivitas apa saja yang telah mereka lakukan di WP masing-masing. Bagi WP UII sendiri, ini bisa menjadi semacam evaluasi atas seluruh kegiatan yang dilakukan di tahun sebelumnya.

Di akhir acara diumumkan empat WP terbaik di empat kategori berbeda. Pada kesempatan ini WP UII berhasil mendapat predikat sebagai WP dengan dekorasi terbaik. Tiga pemenang lainnya adalah WP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, WP Universitas Patimura, dan WP Universitas Narotama Surabaya.