PT. Bank Pembangunan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Bank BPD DIY) Syariah untuk kedua kalinya memberikan bantuan biaya pendidikan (beasiswa) bagi mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) pada program Diploma dan Sarjana.

Beasiswa ini diberikan kepada 40 mahasiswa dengan total bantuan sebesar 80 juta rupiah. Adapun syarat utama bagi penerima beasiswa BPD DIY Syariah ini yakni memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dan berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi kurang mampu.

Secara simbolis beasiswa diserahterimakan oleh Pemimpin Cabang Bank BPD DIY Syariah, Anni Rosalia, S.E., M.M. kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni UII Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag. pada pertemuan yang digelar di The Praja Coffee & Resto Sleman, Jumat siang (4/10). Dalam pertemuan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama beasiswa dilanjutkan dengan diskusi.

Turut hadir dalam pertemuan Kepala Divisi Pembinaan Kepribadian & Kesejahteraan Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII, Hazhira Qudsyi, S.Psi. M.A., Ketua LAZIS UII, Yuli Andriansyah S.E., M.S.I. dan beberapa perwakilan lainnya dari Bank BPD DIY Syariah.

Rohidin menuturkan tidak sedikit dari mahasiswa UII yang mengalami kesulitan dalam pembiayaan studinya. Mahasiswa ini biasanya sudah menabung jauh-jauh hari sebelum masuk UII, bahkan bertahun-tahun sebelumnya.

“Saat masuk pertama kali ke UII mereka bisa melakukan pembayaran awal. Namun ternyata, banyak yang di kemudian hari mengalami kesulitan pembayaran angsuran kuliah, sampai tidak sedikit yang minta dispensasi,” tuturnya.

“Dengan adanya bantuan beasiswa dari BPD DIY Syariah ini diharapkan dapat meringankan sedikit beban mahasiswa yang memang mengalami kesulitan biaya,” imbuh Rohidin.

Sementara Anni Rosalia berharap beasiswa dari BPD DIY dapat menambah motivasi para penerima untuk terus berprestasi agar kelak berhasil menjadi pemimpin yang membanggakan bangsa Indonesia. (IA)