Di akhir abad ke 20, dominasi politik dan ekonomi negara-negara Amerika dan Eropa barat mulai mendapatkan pesaing-pesaing baru dari negara-negara di kawasan Asia. Tiongkok, India, dan Indonesia terus memacu perekonomian mereka untuk bisa bersaing dalam perekonomian global.

Fenomena kebangkitan negara-negara Asia ini diangkat dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Warung Prancis (WP) UII pada Jum’at (19/7), dengan pembicara Prof. Darwis Khudori dari Le Havre Universite, Normandie, Prancis dengan judul The Rise of Asia: Will it Lead to a New World Order.
Read more

Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UII kembali meraih prestasi membanggakan. Kali ini sekelompok mahasiswa FK UII didaulat sebagai Juara1 Poster Ilmiah dan Juara 1 Esai Ilmiah dalam ajang Tanjungpura Medical Scientific Competition. Ajang pada 15 – 17 Maret 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat menjadi momen membanggakan bagi delegasi FK UII yakni Mochamad Afifudin bersama Rafif Azhar (Pendidikan Dokter) pada cabang lomba esai ilmiah serta Dita Juliana Pravita (Pendidikan Dokter) dan Gita Azka Nabiila (Pendidikan Dokter) pada cabang lomba poster ilmiah.

Read more

Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan dari Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya dalam rangka studi banding pada Jum’at (19/7). Kunjungan berlangsung di Gedung Prof. Sardjito UII. Pada pertemuan ini mendiskusikan tentang peningkatan prestasi mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi. Dalam kunjungan kali ini, UNTAG banyak mengulik bagaimana UII mendorong prestasi mahasiswanya.

Read more

Media sosial semakin hari semakin menjadi bagian penting kehidupan manusia. Data menyebutkan rata-rata setiap orang menghabiskan waktu selama 3 jam lebih setiap harinya untuk mengakses media sosial. Media sosial menjadi tempat berbagi segala kegiatan, berkeluh kesah hingga menebar kebencian. Hal tersebut memberikan dampak bagi para penggunanya.

Sisi positifnya adalah Branding Social Media yang tidak hanya dibutuhkan oleh individu saja, namun juga lembaga/institusi. Hal inilah yang melatarbelakangi Talkshow Branding Social Media: How To Make Creative Content Strategy yang diusung oleh Bidang Hubungan Masyarakat Universitas Islam Indonesia (HUMAS UII) pada Sabtu, (20/07).

Read more

Kehidupan sosial ekonomi merupakan kegiatan yang berlangsung fitrah. Artinya orang-orang mempunyai kebebasan untuk memilih alat tukar. Di masa silam, baik di Eropa maupun di kawasan Islam, koin emas dan perak lazim digunakan sebagai alat tukar. Bergantinya sistem pemerintahan menjadi republik dan demokrasi turut mengubah sistem ekonomi dan finansial. Emas dan perak tidak lagi digunakan namun berganti menjadi uang kertas. Bahkan dollar Amerika Serikat menjadi alat tukar yang universal di seluruh dunia.

Read more

Universitas Islam Indonesia (UII) semakin memberikan eksistensinya dalam jalinan kerjasama memperkuat internasionalisasi dengan perguruan tinggi lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor UII, Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar di Gedung Kuliah Umum (GKU) Lantai 2 Prof. Sardjito UII pada Kamis (18/7).

Read more

Berawal dari tahun 2014 Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok menjadi mitra Universitas Islam Indonesia (UII) dalam menjalin berbagai kemitraan. Bentuk kemitraan selain dalam program Double Degree juga terwujud melalui Immersion Program. Kali ini, tema yang diangkat dalam Immersion Program yakni Understanding Indonesian Economy yang diselenggarakan di Kampus UII pada tanggal 13-19 Juli 2019. Sebanyak 19 mahasiswa dan 2 dosen dari Nanjing Xiaozhuang University turut berpartisipasi di dalamnya.

Read more

Pengelolaan teknologi informasi dewasa ini masih sering menjadi kendala para pimpinan di lingkungan pendidikan tinggi. Kendala tersebut terutama pada segi pengorganisasian layanan agar sejalan dengan misi dan tujuan strategis institusi pendidikan tinggi. Seiring dengan lajunya transformasi digital, terlebih dengan hadirnya revolusi industri 4.0, dibutuhkan Chief Information Officer (CIO) yang mampu bertanggung jawab dan mengelola teknologi untuk mecapai target institusi.

Read more

Perkembangan teknologi informasi saat ini mengalami perubahan yang kian masif. Tren digitalisasi atau yang sering disebut revolusi industri 4.0 di berbagai sektor tak terkecuali di sektor pendidikan tinggi. Terkini, kebutuhan untuk memahami solusi teknologi informasi bagi pendidikan tinggi menjadi sebuah keharusan guna meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi itu sendiri.

Read more

Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 2019 kembali dipercaya oleh KEMENRISTEKDIKTI RI sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Kegiatan MONEV yang merupakan tahap penjurian untuk menentukan peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ini dilaksanakan pada tanggal 16–18 Juli 2019 bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang km 14.5 Sleman.

MONEV PKM 5 Bidang menghadirkan 2 (dua) reviewer nasional Dr. Ir. Anik Martinah Hariati, M.Sc. (Universitas Brawijaya) dan Prof. Dr. I Nyoman Sucipta, M.P. (Universitas Udayana) serta diikuti oleh Tim PKM dari 4 perguruan tinggi yakni Universitas Islam Indonesia (47 Tim), Universitas Teknologi Yogyakarta (16 Tim), Universitas Janabadra (1 Tim), dan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (1 Tim).

Read more