Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Sosialisasi dan Workshop Borang Akreditasi Program Studi E-mail
Thursday, 09 July 2009

Direktorat Akademik Universitas Islam Indonesia bekerjasama  dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengadakan “Sosialisasi dan Workshop Borang Akreditasi Program Studi Tahun 2009” di Gedung Rektorat Lt. 4 Kampus Terpadu UII. Kegiatan yang berlangsung pada Senin-Selasa, 6-7 Juli ini dibuka oleh Rektor UII, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. dan melibatkan seluruh dekan dan kaprodi di UII. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman terkait beberapa perubahan dalam Borang Akreditasi yang pada tahun 2008 mulai digunakan.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa UII selama ini selalu berkomitmen dalam melaksanakan penjaminan mutu baik internal maupun eksternal. Dalam kaitannya dengan penjaminan mutu internal, UII adalah salah satu perguruan tinggi pertama yang menerapkannya di Indonesia. Dan saat ini masih dalam kaitannya dengan penjaminan mutu, UII menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Penjaminan mutu internal yang baik, menurut Rektor akan menjamin terciptanya tujuan-tujuan evaluasi diri dan akreditasi yang selama ini dilaksanakan.

ImageDalam kegiatan ini, BAN-PT menghadirkan dua orang pemateri, yaitu Prof. Kusminarto dan Prof. Widodo dengan materi bahasan meliputi standar dan prosedur, evaluasi diri, borang fakultas, dan borang program studi. Direktur Akademik UII, Ir. Gumbolo HS, M.Sc. menjelaskan bahwa item penilaian pada borang lama mencakup kurang dari 50 bagian, maka pada borang baru itemnya menjadi 100 bagian. Untuk itu, ia mengharapkan bahwa kegiatan ini mampu menggugah kesadaran para pengelola prodi di UII untuk menjalankan penyelenggaraan prodi sesuai perkembangan yang terdapat dalam program akreditasi nasional.

UII, menurut Direktur Akademik, tidak merasa khawatir dengan adanya borang baru tersebut. “UII pada prinsipnya siap dengan borang yang baru karena beberapa item sudah terintegrasi dalam sistem kita. Namun kita perlu melakukan sosialisasi agar semua pihak memahami perubahan yang ada ini,” ungkapnya.

Image

Menurut Direktur Akademik peserta yang hadir menyampaikan masukan terkait hasil kegiatan ini. Diantaranya harapan disusunnya kode etik dosen dalam buku saku agar lebih menjamin peningkatan kinerja dosen. Selain itu, sinergi antara fakultas dan prodi dalam penyusunan borang juga diharapkan peserta dapat terwujud. Penelusuran alumni (tracer study) perlu mendapat perhatian karena merupakan bukti relevansi lulusan di dunia kerja yang akan membantu meningkatkan akreditasi prodi. Adapun komponen penilaian tertinggi dalam borang yang baru, menurut Direktur Akademik adalah pada penelitian. Jika komponen lain bobotnya di bawah 1%, prosentase penelitian mencapai 3% lebih.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Pemilu UII 2014